Kumpulan Berita tentang Gayus


Informasi tentang keberadaan terdakwa kasus mafia pajak dan pencucian uang, Gayus Halomoan Tambunan, sedang menonton tenis di Bali, Jumat (5/11/2010), membuat para wartawan peliput tennis Tournament Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali, geger. Mereka berusaha mencari-cari, tetapi tidak berhasil menemukan.Setelah mencari-cari sampai harus pindah tempat tiga kali, fotografer Kompas Agus Susanto akhirnya berhasil membidikkan kameranya ke arah orang yang dimaksud. Saat itu, orang yang mirip Gayus duduk di antara deretan penonton lain.

Mengenakan kaus hitam dibalut jaket hitam dengan kacamata bingkai hitam, orang itu memang terlihat sangat mirip Gayus Tambunan. “Saya sendiri belum yakin apakah dia Gayus,” kata Agus kepada Kompas.com, Senin (8/11/2010).

Kebetulan, saat itu Agus duduk berdampingan dengan wartawan lain yang mengenal Gayus. Dari wartawan itulah Agus diyakinkan bahwa orang itu memang Gayus.

Foto-foto diambil Agus mulai pukul 20.10 saat pertandingan antara Hantuchova dan Yanina Wickmayer. Ketika pertandingan usai, para wartawan berusaha mencari Gayus, tetapi tidak berhasil.

Para wartawan yang berkumpul di ruang pers pun akhirnya mengerubuti Agus untuk melihat apakah benar ada orang mirip Gayus menonton pertandingan. Mereka umumnya menyatakan orang di foto itu memang mirip Gayus.

Benarkah orang itu Gayus Tambunan yang mestinya masih menghuni Rumah Tahanan Brimob di Kelapa Dua, Depok? Sejauh ini belum ada yang bisa memastikan. Akan tetapi, pihak Mabes Polri telah membenarkan bahwa pada hari Sabtu lalu, Gayus sempat keluar dari rutan dengan alasan sakit dan saat ini sudah kembali ke tahanan.

Mungkinkah Gayus keluar tahanan bukan pada hari Sabtu, melainkan sehari atau sebelumnya? Pihak Propam Polri saat ini tengah memeriksa sejumlah pegawai di Rutan Brimob untuk mengetahui ada atau tidaknya pelanggaran dalam kasus ini.

Seorang tahanan yang sakit memang punya hak untuk mendapat perawatan di luar rutan dengan pengawalan polisi. Akan tetapi, tentu saja izin itu tidak bisa untuk keperluan lain, apalagi kalau sampai untuk menonton tenis.

(http://nasional.kompas.com/read/2010/11/08/12492633/Orang.Mirip.Gayus.Nonton.Tenis.di.Bali-8)


 

Sabtu pekan lalu, harian berbahasa Inggris Jakarta Globe memuat sebuah foto di halaman lima. Seorang pria berkacamata tersenyum, tangan melipat di dada. Pria itu seorang penonton di gelaran Commonwealth Bank Tournament Of The Champions WTA di Nusa Dua, Bali. Ia sungguh mirip Gayus, tapi rambutnya berbeda.

Rupanya, bukan hanya fotografer Jakarta Globe saja yang melihat kemiripan itu. Agus Susanto, fotografer Kompas, juga mengabadikan wajah si pria. Tangkapan layar Kompas.com memperlihatkan kemiripan antara pria itu dengan Gayus. Agus sukses menangkap wajah si pria saat bibirnya terkatup. Kompas lalu membandingkan foto Agus dengan foto lain di arsip mereka. Mirip.

Kebetulan pula, pada Jumat (5/11) pekan lalu, Gayus yang ditahan di rumah tahanan Brigade Mobile Polri di Kelapa Dua, Depok, keluar tahanan dari pagi hingga larut malam. Tersangka kasus mafia pajak itu dikawal sejumlah polisi. Mabes Polri mengatakan Gayus minta izin keluar untuk berobat.

Tampaknya ada yang salah dengan berobatnya Gayus itu. Juru bicara Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hasan, seperti dilaporkan Tempointeraktif.com, Senin (11/8), mengatakan sembilan polisi yang mengawal Gayus diperiksa di Divisi Profesi dan Pengamanan. Pengawas internal ingin mencari tahu, apakah para petugas menerima iming-iming tertentu dari Gayus. Hasilnya, sejauh ini, belum dirilis. Bila ada unsur suap, maka ada pelanggaran pidana. Tapi, tanpa suap pun, para petugas itu bisa diincar sanksi indisipliner.

Masih kata Iskandar, Gayus juga sempat menengok rumah besarnya di Kelapa Gading, yang terlalu mewah dibandingkan pangkatnya di Departemen Keuangan, pegawai golongan III A.

Siang tadi, Gayus kembali menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sejumlah wartawan tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Gayus ditanyai soal kunjungannya ke Bali. Yang ditanya tak mengaku. Disodori fotonya, Gayus menunjukkan perbedaan rambut pria penonton tenis yang berambut lurus itu dengan dirinya, yang berambut ikal.

Tapi mari kita cermati lagi foto Gayus itu. Gayus, berdasar sejumlah foto di arsip berbagai media, punya ciri bibir atas yang agak miring ke kanan. Bentuk hidung dan arah tumbuh alisnya pun supermirip dengan pria penonton tenis di Nusa Dua itu. Yang beda memang rambutnya. Tapi, rambut pria di Nusa Dua itu agak aneh. Arah jatuhnya tak tampak natural. Seperti rambut palsu.

Menurut Agus Susanto, pria itu memang sebentar-sebentar membenarkan rambut. Ia juga sering menutup mulut dan hidungnya, sambil menonton laga petenis Slowakia Daniela Hantuchova melawan petenis Belgia Yanina Wickmayer.

Nah, membandingkan foto Gayus dan pria penonton tenis itu, saya betul-betul takjub dengan kemiripan keduanya. Menyatukan kedua foto, kita bisa lihat bahwa bibir keduanya identik, sama benar! Hidungnya juga. Alisnya juga. Duh, terlalu mirip Gayus, kecuali bila dia memang punya kembar identik yang tak terpapar di media.

Gawatnya, kuasa hukum Gayus, Adnan Buyung Nasution, juga kehilangan kontak dengan Gayus pada akhir pekan lalu itu. Sebagai tim pembela, kata Adnan, tentunya pihaknya tahu bila Gayus keluar berobat atau untuk keperluan lain. Tapi soal Gayus keluar tahanan kemarin, Adnan mengaku tak tahu.

Tentu saja, kini pihak berwenang bisa membantah kecolongan Gayus, mungkin dengan menghadirkan pria penonton tenis di Bali itu. Semoga ketemu.

(http://id.news.yahoo.com/yn/20101108/tpl-terlalu-mirip-gayus-2a441bb.html)


 

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO dan KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto 1 adalah foto Gayus Tambunan saat menghadiri sidang dengan agenda pembacaan eksepsi atau tanggapan atas dakwaan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2010). Sementara foto 2 adalah foto lelaki yang mirip dengan Gayus saat sedang menonton tenis di Nusa Dua, Bali, Jumat (5/11/2010).

 

Seorang lelaki mirip terdakwa kasus mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan tertangkap kamera tengah menonton pertandingan antara Daniela Hantuchova dan Yanina Wickmayer dalam Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali, Jumat (5/11/2010) malam sekitar pukul 21.00 WIT.

Betulkah itu Gayus? Hingga Senin sore ini tak ada pihak yang memberikan kepastian. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Iskandar Hasan membenarkan bahwa Gayus memang diizinkan keluar rumah tahanan oleh Kepala Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Komisaris Iwan Siswanto pada Sabtu (6/11/2010), bukan Jumat. Namun, Iskandar tidak tahu apakah Gayus pergi ke Bali atau tidak.

Sementara itu, Gayus ketika ditemui seusai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, membantah kalau dia keluar rutan, apalagi pergi ke Bali. “Enggak. Saya di dalam saja, enggak ke mana-mana. Orang penjaranya digembok, gimana bukanya?” ujar Gayus.

Baiklah, tidak usah meributkan keterangan yang tidak kompak itu. Mari coba kita bandingkan dua foto di atas. Foto 1 adalah foto Gayus Tambunan saat menghadiri sidang dengan agenda pembacaan eksepsi atau tanggapan atas dakwaan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2010). Adapun foto 2 adalah foto lelaki yang mirip dengan Gayus saat sedang menonton tenis di Nusa Dua, Bali.

Wajah Gayus pada foto 1 terlihat lebih kurus dibanding lelaki yang mirip dengannya pada foto 2. Selisih waktu pengambilan foto 1 dan 2 adalah sekitar dua bulan. Namun, ada sejumlah ciri yang terlihat identik di antara keduanya. Berikut beberapa titik wajah yang terlihat mirip.

1. Pada bagian dagu, dua wajah ini sama-sama memiliki belahan pada bagian tengah.
2. Ada tahi lalat kecil di atas dagu sebelah kiri.
3. Bentuk bibir dan garis di ujung bibir sebelah kiri terlihat mirip.
4. Bentuk hidung kedua lelaki ini terlihat mirip.
5. Kedua lelaki ini memiliki alis yang melengkung tinggi dan di ujung bawah alis terdapat tahi lalat.

(http://nasional.kompas.com/read/2010/11/08/17501124/Mari.Bandingkan.Dua.Foto.Ini.)
About these ads

Posted on 9 November 2010, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 928 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: