Arsip Blog

HARI AIDS SEDUNIA 2009

HAS2009

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Sejak dibentuknya hingga 2004, Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) memimpin kampanye Hari AIDS Sedunia, memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya.

Sejak 2008, tema Hari AIDS Sedunia dipilih oleh Komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah melalui konsultasi yang luas dengan banyak pihak, organisasi dan lembaga-lembaga pemerintah yang terlibat dalam pencegahan dan perawatan korban HIV/AIDS. Untuk setiap Hari AIDS Sedunia dari 2005 hingga 2010, temanya adalah “Hentikan AIDS, Jaga Janjinya”, dengan sebuah sub-tema tahunan.

Tema payung ini dirancang untuk mendorong para pemimpin politik untuk memegang komitmen mereka untuk menghasilkan akses sedunia kepada pencegahan, perawatan, pemeliharaan, dan dukungan terhadap penyakit dan para korban HIV/AIDS pada tahun 2010.

Tema ini tidaklah spesifik bagi Hari ADIS Sedunia, melainkan digunakan sepanjang tahun dalam upaya-upaya Kampanye AIDS Sedunia untuk menyoroti kesadaran HIV/AIDS dalam konteks peristiwa-peristiwa global lainnya termasuk Pertemuan Puncak G8.

Khusus tahun ini, Hari AIDS sedunia mengusung tema “Hentikan AIDS. Jaga Janjinya – Akses Universal dan Hak Asasi Manusia”

Di era teknologi informasi sekarang ini siapa sih yang tak tahu AIDS? Penyakit yang disebabkan oleh HIV (Human Immun Deficiencty Virus). Penyakit ini mampu merusak sistem kekebalan tubuh seseorang hingga berujung kepada kematian pada si penderita.

Kekhawatiran akan bahaya HIV/AIDS memang perlu mendapat perhatian serius. Menurut Data Departemen Kesehatan, hingga 2009, setidaknya 18 ribu penduduk Indonesia sudah terjangkiti penyakit menular itu. Jumlah penderita sebenarnya diperkirakan jauh lebih besar karena masih banyak penderita HIV/AIDS yang belum terdata.

Berdasarkan beberapa penelitian, penyakit ini cenderung menjangkiti remaja. Pasalnya, virus HIV ditularkan melalui ‘media’ yang acap kali bersinggungan dengan dunia remaja yakni free seks dan narkoba.

Pasti sahabat semua sudah tahu kalau usia remaja itu adalah usia yang labil. Masa-masa penuh gejolak, fase perubahan menuju tahap kedewasaan dan rasa ingin tahu begitu besar. Karenanya tak bisa ditampik jika di usia remaja ini timbul keinginan untuk selalu coba-coba. Apalagi yang namanya seks dan narkoba, ibarat ada sebuah ‘kotak rahasia’ yang menyimpan berbagai misteri di dalamnya.

Dalam memeringati hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2009 besok, apa yang perlu kita lakukan sebagai wujud peran serta kita dalam mewaspadai bahaya Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) ini? silahkan di share dalam kotak komentar di bawah..

THE DOCTOR FISH

Ketika pulang dari Makassar mendampingi Siswa dalam Tugas Penelitian minggu lalu, rombongan menyempatkan diri mampir ke salah satu obyek wisata di kabupaten Pangkep, yaitu Pemandian Alam Leangkassi. Dan di lokasi itu juga terdapat Situs Purbakala Gua Leang-Leang.

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang pemandian alam itu, namun ada hal baru yang selama ini cuman pernah saya lihat di TV, yaitu di salah satu sudut lokasi pemandian alam tersebut, terdapat sebuah kolam yang banyak di jejali pengunjung. Mereka duduk dengan santainya di pinggiran kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam kolam.

Setelah saya mendekat, barulah saya tahu ternyata para pengunjung yang duduk dipinggir kolam itu sementara menjalani terapi Ikan Garra Rufa, yang penduduk setempat menyebutnya ‘pai-pai’.

Karena merasa penasaran, sayapun mencoba mencelupkan kaki dan seketika gerombolan Ikan kecil berukuran 3-4 cm langsung menyerbu kaki saya yang memang rada banyak korengnya…


Andai ikan itu bisa ngomong,… pastilah mereka berisik banget, berebutan mengigit kulit kaki saya yang kaya akan jaringan sel kulit mati. Awalnya sih rasanya geli, tapi kemudian malah keenakan sampai lupa waktu…. Sepertinya ikan-ikan ini kelaperan. Kulit-kulit mati di kaki saya disikat abis! Apa ikannya ga kenyang-kenyang ya?

Dari penjelasan Pak Arif (Pengelola Kolam tersebut), saya banyak mendapat penjelasan ikan penghuni kolam tersebut. Yang menurutnya, ikan Garra Ruffa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan zat antarin yang dimiliki, ikan yang dikenal sebagai ‘Dokter Ikan Turki’ itu mampu mengangkat sel kulit mati tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Dalam sejarahnya, habitat ikan sebesar jari kelingking orang dewasa itu ada di Turki sejak tahun 1800. Ikan ini hidup di air yang bersuhu 36-37 derajat celcius.

Ikan ini ternyata punya banyak nama lho, yaitu nibble fish, kangal fish, little dermatologists dan doctorfishen. Wuihh.. banyak ya?

Kalo klasifikasi ilmiahnya, ikan ini mempunyai data sebagai berikut:

Kingdom: Animalia
Phylum: Cordhata
Class: Aptinocterygii
Order: Cypriniformes
Family: Cyprinidae
Genus: Garra
Species: G. rufa

Kemampuan penyembuhan penyakit kulit yang dilakukan oleh Ikan Garra Rufa ini, konon diawali dari kisah seorang pengembala ternak yang kakinya terluka. lalu pengembala itu merendam kakinya ke dalam kolam kecil yang di dalamnya terdapat Ikan Garra Rufa. Sesaat ikan itu langsung mengerumuni kakinya yang luka dan perlahan beberapa saat kemudian lukanya pun sembuh.

Berawal dari sanalah, kini ikan-ikan Garra Rufa dikenal mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

OPTICAL ILLUSION PENGUKUR STRESS ??

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin.

Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

Gejala-gejala

  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.
  • Bertindak secara agresif dan defensif
  • Merasa selalu lelah.
  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar.
  • Otot-otot tegang.
  • Sakit kepala, perut dan diare.

Komplikasi

  • Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
  • Sakit mental, hysteria.
  • Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan.
  • Tidak bisa tidur (insomnia).
  • Migren/kepala pusing.
  • Sakit maag.
  • Serangan asma yang tambah berat.
  • Ruam kulit.

Penyebab

  • Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti; Menikah/mempunyai anak, mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi, kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai, masalah hubungan pribadi.
  • Pelajaran sekolah maupun pekerjaan yang membutuhkan jadwal waktu yang ketat, dan atau bekerja dengan atasan yang keras dan kurang pengertian.
  • Tidak sehat.
  • Lingkungan seperti terlalu ramai, terlalu banyak orang atau terlalu panas dalam rumah atau tempat kerja.
  • Masalah keuangan seperti hutang dan pengeluaran di luar kemampuan.
  • Kurang percaya diri, pemalu
  • Terlalu ambisi dan bercita-cita terlalu tinggi.
  • Perasaan negatif seperti rasa bersalah dan tidak tahu cara pemecahannya, frustasi.
  • Tidak dapat bergaul, kurang dukungan kawan.
  • Membuat keputusan masalah yang bisa merubah jalan hidup atau dipaksa untuk merubah nilai-nilai/prinsip hidup pribadi yang dapat anda lakukan

Bagaimana mencegah stress ?

  • Lihat/ukur kemampuan sendiri. Belajar untuk menerima apa adanya dan mencintai diri sendiri.
  • Temukan penyebab perasaan negatif dan belajar untuk menanggulanginya. Jangan memperberat masalah dan coba untuk sekali-kali mengalah terhadap orang lain meskipun mungkin anda di pihak yang benar.
  • Rencanakan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan anda dalam jangka lama dan beri waktu secukupnya bagi diri anda untuk menyesuaikan dari perubahan satu ke yang lainnya.
  • Rencanakan waktu anda dengan baik. Buat daftar yang harus dikerjakan sesuai prioritas.
  • Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan dengan masak-masak segi baik atau buruk sebelum memutuskan sesuatu.
  • Biarkan orang lain ikut memikirkan masalah anda. Ceritakan kepada pasangan hidup, teman, supervisor atau pemimpin agama. Mereka mungkin bisa membantu meletakkan masalah anda sesuai dengan proporsinya dan menawarkan cara-cara pemecahan yang berguna.
  • Bangun suatu sistim pendorong yang baik dengan cara banyak berteman dan mempunyai keluarga yang bahagia. Mereka akan selalu bersama anda dalam setiap kesulitan.Jaga kesehatan, makan dengan baik, tidur cukup dan latihan olahraga secara teratur.
  • Rencanakan waktu untuk rekreasi.
  • Teknik relaksasi seperti napas dalam, meditasi atau pijatan mungkin bisa membantu menghilangkan stress.

Stress kah anda?

Coba amati gambar di bawah…., tapi yang ini cuman rekaan dari beberapa situs aja yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Gambar-gambar ini dipergunakan untuk mengetahui level stress yang dapat ditangani seseorang. Semakin perlahan pergerakan gambarnya, semakin baik kemampuan seseorang mengatasi stress.

Seorang guru mengatakan “saya merasa gambarnya bergerak tetapi perlahan, seperti bernafas”.

Seorang kriminal yang pernah di test mengatakan gambar-gambar tersebut berputar sangat cepat.

Seorang yang berusia lanjut dan anak-anak mengatakan gambarnya tidak bergerak.

Gambar-gambar ini tidak ada yang animasi, semua adalah gambar statis.

Silakan mencoba mengukur tingkat stress anda.

Komentar anda setelah mengamati gambar di atas ?????……

Dirangkum dari :
1. http://www.e-smartschool.com
2.http://ilusionesopticas.org

AROMA, TERAPI BAGI JIWA

Jika sejenis bau pernah tiba-tiba meluapkan perasaan atau mengingatkan anda akan sesuatu, sudah pasti para ilmuwan mengetahui fungsi indera penciuman sebagai unsur penting dalam lingkungan kreatif.

Setelah sebelumnya diabaikan, akhir-akhir ini bebauan atau aroma, diketahui secara langsung dapat merangsang bagian otak yang bekerja atas emosi dan ingatan primitif. Akibatnya, satu jenis bau mampu mengeruk segunung emosi dan menggugah ingatan lama.

Contoh : Semalam karena susah tidur, saya keluar rumah menghampiri sekumpulan anak-anak muda yang tengah bergembira mengelilingi api unggun sambil bermain gitar, bau asap kayu yang memenuhi udara sekitar seketika mengingatkan saya akan suasana disuatu tempat ketika masih kecil dulu, tempat Ayah bertugas……. didaerah pegunungan yang sangat dingin dimana setiap malam tubuh terpaksa dibungkus dengan pakaian tebal, berkumpul bersama kakak dan adik berlanjut dengan perapian hangat dan secangkir wedan jahe.

Bau asap kayu telah membawa ingatan saya ke kehidupan masa kecil yang sangat indah membuat saya merasa segar dan bersemangat.

Dari buku sumber yang pernah saya baca . Aroma atau bebauan memang ternyata mampu merangsang atau menenangkan tubuh, meningkatkan pemusatan pikiran, melejitkan kemampuan belajar, mendongkrak daya khayal, dan sebagainya.

Mungkin inilah yang diistilahkan dengan Aromaterapi. Defenisi Aromaterapi yang diperkenalkan oleh seorang ahli Kimia Prancis R.N.Gattefosse pada abad kesembilan belas adalah ”Pemakaian terapis bahan-bahan wewangian yang diambil dari bunga, tumbuh-tumbuhan, dan semak beraroma, dengan cara dihirup dan dioleskan pada kulit”. Dan sejak saat itu aromaterapi populer di Eropa dan meluas keseluruh dunia pada dekade terakhir ini.

Berikut ini beberapa macam aroma paling terkenal dan manfaat terapinya, yang saya kutip dari Buku Bengkel Kreatifitas, Jordan E. Ayan :

Kayu cendana – ketenangan
Bunga Melati – hasrat dan kegembiraan
Pohon Kayu Harum – relaksasi
Kenanga – ketenangan
Jahe – merangsang pikiran
Cistus (rockrose, bunga yang tumbuh di batu-batu gunung) – pengembangan pikiran
Clary sage (lavender) – anti depresi

Menurut Cyntia Watson,M.D., pakar ternama bidang obat-obatan holistik, gangguan mental dan emosional tertentu bisa disembuhkan dengan menggunakan aroma. Gangguan-gangguan tersebut adalah :

Insomnia – neroli (dari bunga jeruk), clary sage, kayu cendana, kemangi, chamomile, lavender, jeruk dan apel.
Mimpi buruk – adas, mint, rosemary, marjoram, jeruk
Kegelisahan – kemangi, ketumbar, mint
Depresi – angelica, jeruk lemon, jahe, minyak kayu putih
Kelesuan – kenanga, minyak kayu putih, jeruk lemon, cemara
Stres atau tertekan – mawar, terragon, verbena
Kurang konsentrasi – anyelir, ketimbar, melati, jeruk lemon
Udara pengap – kemangi, peppermint, cemara

Anda juga bisa mengharumkan lingkungan dengan bunga dan buah-buahan alami, potpourri (campuran wewangian), atau lilin. Bahkan mengupas buah jeruk atau lemon akan memberikan dorongan aromatik pada otak. Memanggang roti, menumis bawang putih atau bawang merah, bahkan berdekatan dengan terpentin atau serbuk gergaji, bagi sebagian orang bisa membangkitkan ingatan.

Jika anda ingin bereksperimen dengan unsur panca indera, mulailah dengan membedakan berbagai bau-bauan yang anda rasakan di lingkungan sekitar selama seminggu.

Tutup mata dan bayangkan perasaan yang ditimbulkan oleh bau-bau tersebut. Positif atau negatifkah? Apakah bau-bauan tersebut membawa jiwa anda ke suatu tempat atau waktu tertentu dalam hidup anda?.
Lalu, bereksperimenlah dengan beragam bau-bauan. Perhatikan efek dari tiap jenis bau.

Apakah anda merasa lebih segar atau jadi merenung? Lalu, pilih jenis jenis bau yang membuat anda paling kreatif dan produktif.

Selamat bereksperimen.

Untuk kali ini, aku sekaligus memajang Award pemberian DICKY DUNIA POLAR, yang menganugerahkan saya Award buatannya sendiri dalam rangka Cuci Gudang dan pamit,… mau kemana lagi nih??

Makasih banyak atas Awardnya Dick,… moga tetap semangat dan sukses selalu.

EMS Vs FLU BABI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelas anggota Elfa Music School (EMS) yang sedang berada di Busan, Korea Selatan, dinyatakan positif terinfeksi virus H1N1 atau virus flu babi. Mereka dinyatakan positif terinfeksi virus flu babi setelah ada hasil hasil tes dari laboratorium di Seoul, Korea Selatan.

Kejadian itu memaksa penyelenggara acara membatalkan kontes, yang seharusnya berlangsung dari 8 Juli hingga 18 Juli di Provinsi Kyeongsang Selatan tersebut.

Acara itu sudah menarik 1.400 warga asing. Namun, penyelenggara acara akan segera mengirim pulang ratusan kontestan asing.

Pejabat kesehatan telah mengkarantina dan merawat asien yang terinfeksi. Dinas kesehatan juga melakukan tes pada peserta lain.

Hingga hari ini, jumlah penderita flu babi di Korsel berjumlah 446 orang. Flu yang bisa menyebabkan kematian itu menyebar ke berbagai negara setelah pertama kali muncul di Meksiko, Maret lalu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini sedikitnya 440 orang tewas akibat flu babi di berbagai negara dan sekitar 100 ribu orang terinfeksi.

Pada 8 Juli lalu sejumlah anggota EMS mengalami demam. Dua hari kemudian, jumlah anggota EMS yang mengalami demam bertambah menjadi 28 orang. Mereka kemudian menjalani perawatan, 10 di antaranya bahkan harus diisolasi.

Menurut anggota Elfas Singer, Yona Yulio, seluruh anggota EMS masih dalam perawatan di Korea selatan. Mereka semua dikarantina. Sebelas di antaranya dipastikan terkena flu babi. Mereka belum diperbolehkan pulang ke Tanah Air. “Saya sendiri belum berani ke sana,” kata Yana yang masih ada di Indonesia.

Sementara Eko Supriyanto, salah seorang ayah peserta kontes yang diduga terjangkit flu babi mengatakan kondisi anaknya sudah lebih sehat. Eko sering berhubungan untuk menanyakan perkembangan buah hatinya. Selain anak-anak, seorang dewasa yakni mertua Ferdi Hasan juga tertular. Sesuai prosedur penanganan flu babi, para penderita harus dirawat minimal tujuh hari sebelum diizinkan pulang. Itu pun bila membaik dan dinyatakan sembuh

Anak-anak terjangkit berawal dari festival paduan suara se-Asia yakni Asian Choir Games yang digelar di Korsel. Baru saja memenangkan satu kategori, tim Indonesia yang merupakan murid sekolah musik Elfa Secioria menderita demam. Setelah diperiksa 12 anak dinyatakan tertular flu babi dan langsung diisolasi

Menteri kesehatan Siti Fadilah Supari menambahkan, pemberian tamiflu untuk mencegah penularan flu babi atau virus H1N1 masih dilakukan di Indonesia. Sementara di sejumlah negara tidak diberikan karena sudah tidak efektif lagi. Sebab penyakit flu babi dinyatakan tidak lebih ganas dari penyakit influenza lainnya. Meski begitu pencegahan serta pola hidup bersih dan sehat perlu dilakukan agar tetap sehat.(AIS)

Terkait kasus ini, ketua rombongan sekolah musik, Atik, angkat bicara. Ia mengatakan, 12 siswa sekolah musik Elfa Seciora, dua anak dari Gorontalo, dan satu anak dari Riau masih dirawat di ruang karantina rumah sakit di Korea Selatan. Atik mengungkapkan saat ini kondisi mereka relatif stabil dan tidak mengalami panas

Atik mengaku saat ini rombongan belum dapat pulang ke tanah air sebelum dinyatakan sembuh dari virus tersebut. Ia memperkirakan rombongan Elfa baru dapat pulang pada 15 Juli mendatang.

Jumlah penderita flu babi di tanah air juga bertambah. Dalam dua hari terakhir, penderita bertambah 12 orang sehingga total menjadi 64 orang. Tim medis, dokter, dan perawat dilaporkan juga ada yang diduga terjangkit flu babi.

Di Rumah Sakit Umum Sanglah, Denpasar, Bali seorang dokter menjalani isolasi karena mengalami gejala mirip flu babi, Ahad (12/7). Selain dokter, RSU Sanglah juga kedatangan dua pasien baru terduga virus H1N1 dari Australia. Sampai saat ini, belum ada penjelasan resmi mengenai kondisi sang dokter. Di Surabaya, untuk pertama kalinya terdapat laporan dugaan flu babi. Tiga orang yang baru pulang dari Amerika Serikat terdeteksi petugas dan dirawat di Rumah Sakit dokter Sutomo.

Meski awalnya Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari menyatakan penyakit ini tak mungkin masuk Indonesia, kini total penderita sudah 64 orang.

dirangkum dari berbagai sumber.