Barack Obama di Jakarta


Presiden AS Barack Obama makan pagi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelang pembukaan pertemuan G20 Summit di Toronto, Ontario, Kanada, Minggu (27/6/2010).

 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana menggelar jamuan makan malam kenegaraan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/11/2010), untuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama.

Lantas, menu makan malam spesial apa yang disiapkan pihak Istana bagi orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut?

“Nasi goreng dan bakso,” kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/11/2010).

Apakah menu “khusus” itu disiapkan atas permintaan Obama? Julian tak menjawabnya secara gamblang. “Kami mencari tahu beliau sukanya apa. Ini sudah lama kami siapkan,” kata Julian.

Ketika ditanya apakah pihak Istana turut menyiapkan rambutan, buah kegemaran Obama, Julian mengaku belum mengetahuinya.

Foto Mobil Barack Obama

Mobil Barack Obama yang Ikut ke Jakarta

 

Mobil kepresidenan Barack Obama yang tahan bom dan granat

Kehadiran presiden Amerika Serikat di negara mana pun selalu didampingi oleh berbagai komponen pengamanan, termasuk mobil kepresidenan. Artinya, Presiden Barack Obama yang hari ini tiba di Indonesia juga akan menggunakan mobil khusus Cadillac One yang juga dijuluki “The Beast”.

Julukan mobil ini didapat karena sosok dan kekuatannya bagaikan monster. Wujudnya masih mencerminkan sedan limusin mewah Cadillac yang memadukan desain SUV Escalade dan sedan STS, tetapi di balik badannya terdapat sasis truk GMC Topkick. Jaraknya dari tanah menjadi lebih tinggi, yang juga membuat pandangan keluar menjadi lebih optimal.

Bukan AS jika mereka tak mengantisipasi kemungkinan serangan bersenjata pada pemimpinnya ini. Tak heran, mobil tersebut dibuat bagaikan benteng berjalan. Pintu setebal 8 inci, ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci yang sudah dapat menahan tembakan pistol Magnum kaliber 44 dari jarak nol sentimeter. Semua itu membuat Obama tetap aman di dalam mobilnya meski diserbu dengan bom dan pelontar granat.

Di dalam kabin terdapat sekat antigas beracun dan suplai oksigen khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia. Kabinnya bisa memuat tujuh penumpang, termasuk sang presiden. Dua orang duduk di kabin depan, sementara lima lainnya di kabin belakang. Terdapat sekat kaca di antara kedua kabin ini dengan tempat duduk yang berhadap-hadapan.

Tak hanya keselamatan, kenyamanan presiden juga dijamin dengan seperangkat sistem hiburan di dalam mobil berupa sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Bahkan, tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. Sebagai penunjang kerja presiden, sistem komunikasi canggih, termasuk komputer kerja presiden, disiapkan di dalam mobil ini.

Tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya. Koran Daily Mail Inggris sempat menyebutkan bahwa harga mobil ini mencapai 460.000 dollar AS dan menggunakan mesin diesel 6,5 liter.

 

Source: http://nasional.kompas.com/

Iklan

Posted on 9 November 2010, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: