Finalis X Factor Indonesia


ACARA pencarian bakat berlisensi Internasional, X Factor Indonesia, berhasil menjadi primadona. Bukan cuma kualitasnya penyanyinya yang bikin kagum, secara kuantitas perolehan rating dan share pekan lalu pun membumbung tinggi, menduduki posisi ke-2 dengan TVR 4,9 dan share 30,4. Resep apa yang digunakan penyelenggara untuk membuat tontonan menarik ini?

Ya, sejauh ini komposisi juri dan kontestan yang terpilih sangat menyakinkan. Beberapa batasan yang ditetapkan acara sejenis, misalnya Indonesian Idol, tak diberlakukan di acara ini.

Ada yang sangat muda, imut, dan bermusikalitas tinggi macam Mikha Angelo dan Fatin Shidqia, ada juga yang telah berpengalaman di panggung festival macam Novita Dewi. Genre musik Jazz terwakili Shena. Dicky muncul dengan suara yang ber-tone perempuan. Ada kategori grup yang juga memiliki penggemar tersendiri.

Mengingat Indonesian Idol sudah 6 musim menemani penonton televisi kita. Hadirnya X Factor menghadirkan tontonan yang menyegarkan. Babak Gala Show kemarin, membuat perta persaingan mulai terbuka dan terukur. Masuknya kontestan dengan fasilitas wild card juga dipastikan menambah ketat persaingan.

Berikut kontestan yang bisa Anda jagokan.

Shena X Factor Indonesia

1. Shena. Orang bilang keunggulan utamanya pada kemampuannya mengubah lagu. Tapi semua tak akan bisa terjadi tanpa musikalitas dan vokal di atas rata-rata. Cewek berkacamata ini memang punya segala yang dibutuhkan.Hasratnya pada musik jazz dan referensi dengarannya bergizi macam musik-musik The Beatles, membentuk penampilan uniknya.

2. Novita Dewi. Saat menyanyikan lagu Peterpan di babak Gala Show, Novita Dewi tak cuma fasih mempertontonkan lengkingannya yang disisipkan unsur rock tapi mantap. Tapi coba dengar bagaiman ia mengolah nada-nada rendah.Rentang nadanya begitu luas, dengan penghayatan yang mendalam.

Mikha Angelo

3. Mikha Angelo. Secara kemasan. Wajah imut dan vokalnya yang lembut menghanyutkan sudah mampu membuatnya bersaing.Tapi kelihatannya cowok usia 15 tahun yang sudah kuliah ini, tak akan berhenti sampai di situ. Keterampilannya yang memang di atas rata-rata anak seusianya, ditambah pilihan lagunya yang sangat cowok masa kini, membuat penampilannya ditunggu. Ya, kelihatan masih kaku dan seperti kagok di depan kamera, tapi sabar sedikitlah sampai ia terbiasa, pastinya akan makin cetar membahana penampilannya. Mikha dipastikan akan menyedot suara dari kalangan ABG cewek.

4. Nu Dimension. El, Ryan, Rommy, dan Bagus, mungkin cikal bakal grup vokal yang kuat. 4 warna suara yang dikumpulkan Ahmad Dhani di kubunya ini memang menciptakan harmonisasi tersendiri. Suara khas masing-masing bisa menyatu, tapi bisa menonjol dalam satu lagu yang dinyanyikan.Lihat saja penampilan apik mereka dalam Man In The Mirror-nya Michael Jackson. Kalau kerjasama Dhani dan grup ini tercipta, chemistry yang didapat patut diwaspadai kategori lain. Pasalnya tampang keempat vokalis ini juga lumayan untuk diidolakan.

Fatin Shidqia Lubis

5. Fatin. Kerancakan suaranya telah menembus banyak kalangan. “Nyanyi lagu Diamond bagus banget!” Begitu percakapan yang penulis dengar di toilet sebuah mal di bilangan Jakarta Utara. Meski hasilnya belumlah se-grande saat menyanyikan Grenade milik Bruno Mars, tapi suara khas Fatin sudah mulai dikenal luas, dan keberaniannya juga mulai terasah.Kehadiran Fatin seperti kemunculan jenis baru di kontes idola-idolaan. Ditambah kepolosan khas remaja, Fatin dipastikan bakal masih disebut-sebut dalam daftar jagoan hingga beberapa minggu ke depan.

6. Agus Hafiludin. Bernyanyi dengan suara khas rocker, tegas dan cukup rapi di jalur nada, ayah seorang anak ini lagi-lagi mampu membawakan lagu berbahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Kiss From a Rose milik Seal diinterpretasikan dengan baik dan menjadikan konsistensi sebagai ciri khasnya. Bias Agus pastilah penasaran dengan lagu berikut yang akan dinyanyikan.Semoga bisa menyanyikan lagu barat dan Indonesia sama bagusnya.

7. Dicky Adam. Unik, mudah diingat, dan dibanggakan Anggun, sang mentor.Pilihan lagu menjadi kekuatan sekaligus kelemahan cowok satu ini.Kalau bagus bakal memesona, kalau kurang bagus akan terlupakan. (meski berbagai pujian dari dewan juri menghujaninya, tetap suara masyarakat Indonesia yang menentukan. Dicky terpaksa harus tersingkir justru pada babak dimana perjuangan baru saja dimulai)

Ilusia Girls

8. Ilusia Girl. Kekuatan vokal 4 gadis berbakat ini tak diragukan. Seperti Nu Dimension pembentukan suara dan karakter rasanya tak akan sulit dilakukan Ahmad Dhani. Kalau lancar mestinya pekan pertama dan kedua bisa dilalui dengan mulus.

9. Isa Raja. So far menampilkan lagu-lagu segmented. Bukan kemasan yang lazim untuk pecinta ajang idola-idolaan. Namun keberhasilannya masuk babak 12 besar patut di apresiasi.Mungkin setelah Firman Siagian yang punya karakter rock kental dan punya power kuat, Isa akan menyusul. Apalagi kini mereka dilatih pelatih yang sama Doddy Katamsi.Mengingat ia butuh dukungan penonton yang lebih luas, pemilihan lagu jadi faktor yang harus dipertimbangkan. Apalagi dikategorinya semua memiliki suara khas dan kuat.

Gede Bagus

10. Bagus. Ahmad Dhani dengan cepat dan lugas menemukan kelemahan pria asal Bali ini. Cara bernyanyi yang sama, pilihan lagu setipe bakal mengubur potensinya. Anggun harus benar-benar jeli memilihkan lagu, karena pembanding Bagus dalam hal ini Agus, memiliki penampilan lebih konsisten dan pilihan lagu lebih pas.

11. Yohana. Well, banyak orang menuding Rossa memilihnya karena faktor kasiha. Perlu pembuktian dari wanita berusia 23 tahun ini, mengingat lagu Cakra Khan yang dinyanyikannya tenggelam ditengah pertempuran para penampil bersuara megah.

DalaGita

12. Dalagita. Dianggap terlemah tapi untungnya belum diterapkan sistem vote. Lagu-lagu masa kini seperti milik Carly Rae Japsen memang akrab ditelinga ABG, tapi membuat penampilan grup yang rata-rata personelnya masih berusia 16 tahun ini terdengar terlalu enteng. Pemilihan lagu klasik, berentang nada luas, dengan tembak nada sana-sini seperti lagu Bohemian Rhapsody bakal membantu mereka bertahan. Pasalnya secara individu kekuatan vokal personel Dalagita memang tidak sekuat kontestan lainnya. Asal mampu menjual kerapihan harmonisasi, mungkin masih ada peluang untuk mereka.

13. Alex Rudiart. Bebi Romeo sempat menuai banyak kecaman karena tidak memilih kekasih Novita Dewi sebagai kontestan 12 besar. Adakah babak wild card digelar untuk mengakomodasi masuknya Alex kembali ke dalam kompetisi? Bisa jadi. Tapi secara kualitas individu Alex memang mumpuni untuk bersaing.

Yang terunggul jelas Fatin, Mikha, Shena, Novita Dewi, dan Nu Dimension. Siapa yang terlemah? Hati-hati saja untuk Dalagita, Yohana, Bagus, dan Isa Raja. Tapi semua tergantung penonton.

Pekan ini tekanan dipastikan akan lebih berat. Karena eliminasi mulai diberlakukan dan memberi efek psikologis yang tidak ringan buat para kontestan. Untuk para mentor kejelian memimih lagu dan mendampingi kontestan, akan sangat berperan besar. Lengah sedikit saja bakal tertinggal.

Itu sudah dibuktikan pada kubu Ahmad Dhani yang seperti hilang kepercayaan diri karena sang mentor tidak sempat mendampingi saat latihan. Keterampilan vokal penting, interpretasi lagu penting, tapi yang yang tak kalah penting adalah rasa percaya diri. Kalau sudah nyaman di atas panggung, para kontestan dipastikan bakal menyihir para penonton di studio dan di rumah.

[Sumber]

Posted on 23 Februari 2013, in Berita, Kontes and tagged , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Selamat pagi jelly Gamat

  2. selamat siang, jangan lupa berkunjung ke Jelly Gamat

  3. selamat sore
    salam sehat dari kami
    smoga sisa hari anda menyenangkan:)

  4. aku lebih suka ama suaranya shenaa… kaya adele hihi

  5. Selamat pagi .. terimakasih infonya

  6. obat maag ampuh

    ini adalah informasi terbaik, salam kenal ya

  7. bener kata agan, ane setuju😀

  8. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya keren banget.
    kunjungi juga web sederhana saya obat perangsang tradisional

  9. artikel yang sangat bagus.
    sangat bermanfaat sekali, terimakasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: