Demonstrasi Menentang Kenaikan BBM Dalam Bidikan Kamera


Aksi unjuk rasa yang menolak rencana pemerintah Indonesia menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM),dilakukan di Indonesia mencapai puncaknya hari ini Jum’at 30 Maret 2012, tidak hanya menarik perhatian masyakarat Indonesia. Aksi ini juga menjadi perhatian dunia melalui ‘mata’ kamera yang diarahkan oleh fotografer jurnalis.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dan organisasi mahasiswa ini diperkirakan diikuti oleh 81.000 massa dengan 172 titik. Mereka melakukan orasi dan membawa spanduk bertuliskan penolakan kenaikan harga BBM.

Aksi yang awalnya berjalan damai, diwarnai oleh kericuhan. Bentrokan antara pengunjuk rasa dan aparat kepolisian yang berjaga, menjadi bidikan fotografer dunia. Berikut foto-foto unjuk rasa di Indonesia yang menolak kenaikan harga BBM versi media asing, seperti yang dilansir dari Telegraph.

DEMO KENAIKAN BBM DALAM BIDIKAN KAMERA
Bom molotov yang dilemparkan oleh pengunjuk rasa. Foto : Beawiharta, Reuters
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Polisi mencoba memblokir pengunjuk rasa di bandara Polonia, Medan. Foto : Atar, AFP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Seorang polisi menembakkan gas air mata kearah mahasiswa. Foto : Adek Berry, AFP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Pengunjuk rasa membakar ban di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto : AP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Polisi mengendarai sepeda motor mengarahkan gas air mata kepada pengunjung rasa di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto : Jalin, AFP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Seorang pengunjuk rasa melemparkan bom Molotov kea rah polisi anti huru-hara di Jakarta. Foto : Dita Alangkara, AP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Mahasiswa membakar ban selama berunjuk rasa di Surabaya. Foto : Juni Kriswanto, AFP

 

Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Mahasiswa membakar ban di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto : Yusuf Ahmad, Reuters
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media AsingSebuah granat diledakkan di udara oleh polisi dalam unjuk rasa. Foto : Dita Alangkara
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Seorang mahasiswa yang berunjuk rasa berlari menghindar dari gas air mata di Jakarta. Foto : Beawiharta, Reuters
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Polisi bersiap menembakkan gas air mata kea rah pengunjuk rasa di Jakarta. Foto : Adek Berry, AFP 
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Polisi sedang beristirahat di sela aksi unjuk rasa di Jakarta. Foto : Adek Berry, AFP
Foto Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Versi Media Asing
Polisi anti huru-hara melindungi diri dari lemparan batu dan Bom Molotov dari pengunjuk rasa. Foto : Adi Weda, EPA

Beberapa Foto lain karya media lokal yang saya himpun dari berbagai sumber :

Aksi ini dilakukan mahasiswa dari Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar.

Mereka menutup jalan di depan kampus mereka dengan membakar ban

Aksi ini tidak perlu terjadi bila pemerintah peka terhadap masalah rakyat kecil .

Aksi tersebut mereka lakukan sebagai bentuk penolakan atas rencana pemerintah menaikkan harga BBM

Sebuah mobil dibakar mahasiswa saat berlangsungnya ujuk rasa di kampus Universitas Hasanuddin Makassar

Sejumlah mahasiswa merusak mobil Pertamina saat berujuk rasa di kampus Universitas Hasanuddin Makassar, Sulsel, Rabu (21/3)

Seorang mahasiswa berusaha menyelamatkan diri saat terjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulsel, Rabu (21/3)

Sumber 1 Sumber 2

Iklan

Posted on 30 Maret 2012, in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. media asing ikutan meliput juga? wah bikin malu nih klo foto2nya seperti yg diatas…

  2. tu lah kalo mahasiswa uda mulai muak dengan hukum d negara kita ini yg semakin menjadi…mau d bawa ke mana bangsa ini???

  3. rakyat msh menunggu kepastian dr anggota dewan

  4. kalian yg demo itu ngga mikir? demo sampai brutal kyk gitu, bawa-bawa molotov. polisi-polisi itu juga sebenarnya ga mau BBM naik…mikir dong, bikin aksi kok ga pake hati nurani.

  5. kalo ga kaya gitu pasti BBM sudah naek dr kemarin..waktu zaman reformasi jga pst ada kekerasn dlu mangkannya soeharto lengser.

  6. baru kabar nya saja sudah begitu apalagi kalo iya di naikkan ,, seperti apakan ya negara kita ini???

  7. itu hanya sebagian kecil.

  8. BBM NAIK semuanya naikk.,. 😦

  9. hasih fotonya ok tuh…!!! ada lagu ga sob…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: