Video Fabrice Muamba Suddenly Collapses : Tottenham vs Bolton 1-1


Pemain Bolton Wanderes, Fabrice Muamba jatuh pingsan ketika bertanding melawan Tottenham Hotspurs pada laga perempat final Piala FA, di White Hart Lane Minggu (18/3/2012) WIB. Muamba terjatuh pingsan pada menit 42. Fabrice Muamba segera dilarikan ke rumah sakit. Pertandingan kemudian dihentikan oleh wasit Howard Webb.

Tidak jelas apa yang menyebabkan Muamba jatuh di menit ke 42 itu, tapi tampaknya kondisinya memang tidak bagus. Saat itu kedudukan imbang 1-1. Pemain dan staf segera memberitahukan kondisi itu. Para pemain Tottenham panik dan meminta petugas medis segera datang. Para petugas medis pun masuk ke lapangan. Muamba tampak kehilangan kesadaran. Petugas medis berusaha menyelamatkannya dengan memberikan bantuan nafas, CPR.

Saat itu para pemain di sekeliling Muamba terlihat putus asa. Jermain Defoe striker Tottenham tampak menangis dan beberapa pemain terlihat gelisah. Sebagian pemain menjauh untuk memberikan ruang pada para medis untuk menyelamatkan Muamba.

Manajer Bolton, Owen Coyle berkata: “Dia pingsan,” sesaat sebelum berlari bersama para medis untuk berjuang menyadarkan Muamba.

Setelah enam menit, Muamba ditandu keluar lapangan dengan mulutnya dipakaikan alat bantu pernapasan. Muamba langsung dibawa ke ambulans. Upaya untuk menyadarkan Muamba terus dilakukan saat di ambulans.

Wasit Howard Webb kemudian berkonsultasi dengan kedua manajer. Howard Webb kemudian memutuskan untuk menghentikan pertandingan. Sesaat setelah keputusan itu, para penonton langsung meneriakkan nama Muamba dan bertepuk tangan sambil perlahan-lahan meninggalkan stadion. Pemain Bolton, Coyle dan kapten tim, Kevin Davies menemani Muamba ke rumah sakit.

Muamba lahir di Kota Kinshasa Republik Demokratik Kongo. Ia mendapatkan suaka dari Inggris pada usia 11 tahun. Ia datang ke Inggris bersama keluarganya karena ayahnya diusir karena alasan politik. Ia masuk tim junior Inggris saat masih di SMP dan bergabung dengan tim Inggirs U-21. Memulai karir di Akademi Arsenal. Ia pindah ke Birmingham lalu kemudian menandatangani kontrak dengan Bolton di tahun 2008.

Kabar terbaru kini menyebutkan bahwa Muamba sudah dalam kondisi stabil setelah staf medis berhasil membuatnya kembali bernapas. Hal itu diungkapkan oleh seorang perwakilan rumah sakit.

Sejumlah pemain segera melayangkan ucapan simpati dan doa kepada Muamba melalui situs mikroblogging Twitter. “Apa yang terjadi terhadap Muamba di tengah pertandingan sangat menyedihkan. Kami semua berdoa untuk dirinya,” tulis gelandang Tottenham Rafael van der Vaart.

Ucapan serupa dilontarkan striker Emmanuel Adebayor. “Doa saya menyertai keluarga Fabrice Muamba. Kami semua berdoa untuknya dan berharap dia segera sembuh,” ungkapnya melalui Twitter.

Chairman FA David Bernstein juga telah mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut. “Mewakili FA, saya ingin menyampaikan simpati dan doa kepada Fabrice Muamba dan keluarganya.”

“Fabrice telah bermain dalam 33 laga untuk timnas Inggris U-23, memimpin skuad Stuart Pearce saat ini, seorang pemain dan, yang lebih penting, individu yang sangat kami sayangi. Kami terus berhubungan dengan pihak Bolton Wanderers untuk menunggu perkembangan mengenai kondisi Fabrice.”


Posted on 19 Maret 2012, in Berita. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: