Film ‘ARWAH GOYANG KARAWANG’ Ganti Judul


Arwah Goyang Jupe - Depe

Arwah Goyang Jupe – Depe

Setelah memperhatikan keresahan dan kontroversi yang muncul dalam minggu-minggu ini, produser film ARWAH GOYANG KARAWANG, Shankar RS, akhirnya memutuskan mengganti judul film tersebut. Film arahan sutradara Helfi Kardit, yang juga dibintangi Julia Perez dan Dewi Perssik berganti judul menjadi ARWAH GOYANG JUPE-DEPE.

“Daripada saya terus dianggap menjual sensasi dan sengaja memunculkan kontroversi soal penggunaan judul, saya memilih mengganti judul film ini,” jelas Shankar RS setelah pihak Lembaga Sensor Film (LSF) mengundangnya untuk bertemu, Jumat (18/02/2011).

Shankar memilih tidak lagi menggunakan kata ‘Karawang’ dalam film itu. Pilihan judul ini juga setelah melalui beberapa kali pertimbangan, di antaranya film horor ini memang dibintangi dua pemain popular Jupe dan Depe. Dan sepanjang film, teror maupun kengerian film hadir melalui karakter yang diperankan Jupe dan Depe.

“Saya terima dengan legowo untuk mengganti judul film ini menjadi ARWAH GOYANG JUPE-DEPE. Saya tidak merasa nyaman film saya dianggap hanya menjual kontroversi dan sensasi belaka. Saya berkarya dengan perencanaan, lewat riset, dan mencurahkan energi. Saya mengangkat isu melalui film yang seharusnya disikapi lebih positif,” ujarnya.

Shankar maupun Helfy Kardit sebenarnya ingin berdialog dengan pemrotes dan pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan film ini. Ada hal-hal yang ingin dijelaskan agar pesan film ini tidak dimaknai sepotong-sepotong.

Dia mencontohkan dialog Lilis (diperankan Jupe) dengan Pak Awal, pemilik kelompok Goyang Karawang, bahwa dia ingin berhenti menari jaipong striptis karena tarian itu sudah menyimpang dari budaya dan tradisi yang dikenalnya.

“Dialognya jelas, bahkan ada pembelaan untuk kesenian tradisional. Tapi semuanya kembali kepada penonton, kalau memang frasa ‘Goyang Karawang’ dianggap tidak pantas, ya saya lebih memilih tidak menggunakan frasa itu,” tambahnya.

Secara bertahap semua materi film yang menunjukkan adanya kata ‘Karawang’ akan diganti dengan kata-kata Jupe-Depe. Di film, poster, materi-materi promosi, hingga trailer iklan (TVC), tidak lagi menggunakan kata Karawang.

Posted on 21 Februari 2011, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Akhirnya diiganti juga judulnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: