Kerusuhan Temanggung


Temanggung Rusuh

Kerusuhan Temanggung

 

Kelompok massa yang sejak pagi memadati kawasan di sekitar gedung Pengadilan Negeri Temanggung bergerak maju. Mereka merangsek menyerang ke dalam gedung pengadilan, Selasa (8/2/2011).

Massa yang tak puas terhadap vonis 5 tahun terhadap terdakwa penistaan agama di Pengadilan Negeri Temanggung, mengamuk. Massa menilai vonis ini terlalu ringan.

Aparat kepolisian, yang berjaga mengamankan persidangan terdakwa A Richmond Bawengan (58), terpaksa  dua kali menembakkan tembakan peringatan. Sebelumnya, ratusan personel Brimob sudah lebih dulu bertahan di seputar gedung PN Temanggung.

Sementara itu, di dalam ruang sidang tengah berlangsung pembacaan tuntutan atas Richmond.  Seperti yang diberitakan sebelumnya, kasus Richmond ini memang mengundang perhatian dan kegeraman massa.

Kasus yang menjerat warga asal Manado ini terjadi pada 3 Oktober 2010. Ketika itu Bawengan, yang menggunakan KTP Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menginap di tempat saudaranya di Dusun Kenalan, Desa/Kecamatan Kranggan, Temanggung.

Sedianya ia hanya semalam di tempat itu untuk melanjutkan pergi ke Magelang. Namun, waktu sehari tersebut digunakan untuk membagikan buku dan selebaran berisi tulisan yang dianggap menghina umat Islam. Karena itu, sejak 26 Oktober 2010, Richmond ditahan.

Hanya sesaat setelah jaksa penuntut umum (JPU) membacakan tuntutan 5 tahun untuk terdakwa Antonius Richmond Bawengan (ARB), massa langsung menyerbu terdakwa dan meja sidang.

Segera setelah itu, majelis hakim langsung diamankan dan dilarikan ke luar sidang. Massa di luar mengamuk, memecahkan kaca-kaca jendela, dan membakar kendaraan yang ada di sekitar gedung pengadilan.

Polisi berupaya melemparkan gas air mata, namun amuk massa tidak juga surut. Seorang pegawai PN Temanggung bahkan luka di bagian kepala karena terkena batu dari ketapel massa.

 

 

Posted on 8 Februari 2011, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. 59 Komentar.

  1. Hmm harusnya sudah bisa di antisipasi, hmm sekarang kenapa jadi sering ada kerusuhan ya

  2. waduh …. gimana negeri ini ya …… jangankan menghina/penistaan terhadap agama… diri kita aja jika dihina dan dinistaan marah …

    • tapi ya jgn pake’ dibunuh,emang binatang…..ingat allah melihat semuanya….

    • mulut2 ulama kitalah yang menyebakan tragedi ini. merekalah yang mengajak dan menyuruh semua ini.agama bukan wadah yang bisa dinodai d hina.justru agama adalah formula untuk membersih kan hati kita dari segala hal buruk.arti nya siapa pun orang nya yang masih melakukan hal hal buruk hati nya kosong dari ajaran agama,walaw pun dia seorang ulama .mudah2han para ulama bisa memindah kan ilmu agama nya dari kepala ke hati nya yang mengutamakan kasih sayang terhadap sesama.aamiin

  3. Sedih hatiku, melihat bangsaku yang makin hari makin bodoh dan tak bermoral

  4. ketika otak mulai panas.. inilah ujung dari masyarakat indonesia….. hanya kekuatan dan amarah yang bisa di gunakan…. kapan mau ada damai di negara kita kalo tiap ada masalah harus dipecahkan dengan pertikaian

  5. sepertinya kok hidup di negeri bar-bar…..

  6. katanya bangsa yang ramah…nggak percaya lagi,bangsa bar-bar !

  7. mari kita berdingin kepala, kalau kita rusuh yang rugi kita sendiri, umat islam mari kita satukan hati untuk membuat dunia ini damai, tanpa kekerasan, tanpa intimidasi, mari kita umat islam yang terbanyak lindungi mereka yang sedikit, bila mereka menistakan kita biar yang berwenang yang mengadili, kalau yang berwenang tidak adil biar allah swt yang menghukum mereka, hukum allah sudah pasti tapi ukum manusia bisa dibeli. biarlah mereka yang menistakan agama kita (islam ) biar dihancurkan oleh allah, kita lihat saja nanti mereka akan hancur berkeping-keping karena berani menistakan islam.

    • julianusginting

      pak santo…anda tahu artinya agama ga? a=tidak, gama=rusuh, jd agama adalah tidak rusuh, kalo bapak merasa dinistakan agama, bapak salah kaprah mengartikan kepercayaan bapak, agama itu bukan keyakinan pak, hanya agama dibuat jauh setelah org meyakini ajaran dari nabi. pada jaman nabi agama blm dikenal, hanya dinamakan pengikut, namun telah terjadi pergolakan karena kelompok2 itu, sehingga dibuatlah dirangkum kelompok pengikut itu dinamakan agama,jd seharusnya bapak mengerti perbedaan agama dengan keyakinan yg bapak anut. ISlam itu adalah kepercayaan dan dogma yg bpk ikuti. bpk mengatakan “biarlah mereka yang menistakan agama kita (islam ) biar dihancurkan oleh allah, kita lihat saja nanti mereka akan hancur berkeping-keping karena berani menistakan islam” nahh bpk sendiri tahu bahwa penghukuman itu adalah milik ALLAH,,,trus knp malah manusia yg menghakimi?coba bpk belajar lg deh mengenai HUKUM ISLAM. TERIMAKASIH

  8. aduh..sedih banget….knp jd spt ini..Ya Tuhanku…redakan amuk n amarah massa…jgn sampai orang2 yg tdk berdosa ikut mjd korban…

  9. ‘hgerk….capede tiap hari ada kerusuhan…..bukankah semua agama mengajarkan persaudaraan dan perdamaian….!

  10. baru nyebar buku aja dianggap penistaan, kalo yg bakar gereja lantas apa donk????,nyebar buku dihukum 5 tahun, bakar gereja dibkar hidup2 aja!!!!

    • gw suka gaya lo

      • karena pemberitaan tidak lengkap, coba aja orang tua kamu mulutnya diganti gambar anus sapi habis itu diberikan ke kamu..tindakan kamu juga akan sama yaitu membunuh orang itu…jadi harusnya dihukum seberat2xnya supaya kejadian itu tidak terulang dan masalah yang lain adalah effect aja

        • julianusginting

          mulyono bpk ga ngerti ya…emang milik kamu tuh nyawa org??km hidup dari pertemuan sperma ama sel telur bapak ama ibumu, jd bukan km yg ciptakan manusia, betapa besarnya karya ALLAH yaitu manusia, gada 1 pun manusia yg berhak menghilangkan nyawa manusia lainnya. belajar lagi deh km mulyono…

        • belajar apa nih,belajar agama apa belajar tentang sperma…yg jelas?

    • saya yakin sekali anda bukan seorang muslim dilihat dari komen anda
      tipikal seperti andalah yg suka bikin ribut. anda bukan muslim tapi berkedok organisasi muslim FPI orang seprti anda orang yg paling
      pengecut di dunia sepertinya anda bukan laki2 jg bukan perempuan anda
      adalah BANCI

    • saya juga jadi mikir yg sama… klo bicara keadilan, apa donk hukuman untuk mereka itu? yg jelas2 juga sudah menista agama lainnya..

  11. harusnya sudah ada antisipasi
    terima kasih atas hukum indonesia yang selalu menghukum terdakwa sesuai porsinya

  12. It bukan salah agamany. It mah salah orangny yg tdk bisa memahami makna dari agama it sendiri. Stiap agama baik adany, tdk ad yg buruk. Yg buruk it manusiany krn tdk bs menjadi terang di sekitar masyarakat. Berhenti menyalahkan agama satu dgn agama lain. Dan jgn mudah terprovokasi trhadap org2 nakal yg mengatas dirikan agma trtentu. Agama adalah pedoman cintah kasih hidup pribadi utk direalisasikan ke dikehidupan brsm. Smg kita dpt berpikir bijaksana, Peace be with all of us without any exception. Gbu🙂

  13. MANA YANG BER AGAMA DAN MANA YANG TIDAK BER AGAMA,,,JANGAN SAMA SAJA

  14. sedih melihat bangsa ini yg semakin tdk dewasa,picik dan bodoh,anarkis sampai kelupaan yg dibunuh dan dihancurkan itu saudara sendiri…bodoh dan bodoh

  15. wah kalau tawuran terus gimana umat indo ini akan maju???……………..

  16. kerusuhan temanggung merupakan miniatur kondisi moral bangsa ini yang sedang mengalami dekadensi.amarah dan dendam mencengkeram hati tidak ada tempat bagi nurani bertempat dihati.mari merenung diri dan mencermati kehendak Tuhan pada manusia yang terwujud dalam setiap agama,agar kita sadar bahwa hanya kebaikanlah yang Tuhan ajarkan pada kita.kemarahan,dendam dan kemurkaan serta pengrusakan merupakan ajaran setan yang terkutuk.jadi siapapun yang sarat kemurkaan,kemarahan dan dendam adalah penganut ajaran setan.

  17. Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…🙂

  18. surga adalah kelanjutan hidup kita di bumi,
    layakah orang yang menurut bang widi : penganut
    ajaran setan layak mendapat tempat di surga.
    jangan-jangan membuat ribut lagi di surga nanti.

  19. kayaknya postingan seperti ini memang selalu jadi perdebatan ya

  20. Yang namanya membunuh, menghilangkan nyawa orang, atau yang lebih kecil menyakiti hati orang itu tidak baik dan tidak bisa dibenarkan.
    Janganlah kita saling caci dan menghinakan.
    Cobalah untuk selalu tenang menghadapi setiap permasalahan.
    Jangan terlalu terburu-buru dalam menghadapi hal yang tidak berkenan di hati kita.
    Marilah kita lebih bersama dan lebih tenang dalam bertindak.
    Jangan mudah terpancing dan jangan suka memancing…

  21. saya heran yg katanya agamis, tapi kok otak nya melebihi binatang, orang yg mengaku dirinya membela agama, saya nggak yakin orang yg semacam itu akan mendapat ridho Tuhan, apa nggak melek matanya,kalau yg meraka rusak bahkan di di bunuh adalah saudaranya.

  22. aku sbg wrga Temanggung sdih bgt ada krusuhan di Temanggung…
    padahal Temanggung damai2 saja..
    beda agama tapi sling mnghormati..
    knp ada org yg bisa2nya bikin rusuh di Temanggung ya???
    iri ya sm Temanggung??
    hehehe

  23. nggak kaget ada kerusuhan, typical muslim…

  24. HE..HEHEH…HE…IHK..IHK…
    EMANG ADA APAAN SEEEH…..?
    HAHAHAHA…HHAH….HHEHEHEH….
    EMANG PRNH DENGER SEEHH.. KATA ORANG WARAS…..AGAMA TUH BUAT NGATUR LO PADE HIDUP DI MUKA BUMI BIAR DAMAI SELARAS HARMONIS…
    HWE HWE HWE….GW JADI BINGUNG DENGER2 ADA RIBUT2 SOAL AGAMA…?
    LAHH…KOQ BISA..?
    EMANG MASIH ADA AGAMA..?
    ADOOOOHHH…PHUSSSING…GW..BSA2 TAMBAH GILA GW NGLIAT KELAKUAN ORANG WARAS….HAHAHAHAHAHA……

    • mending nyembah pohon lagi kayak zaman purba aja kali ya…biar gak ada yg saling ngebunuh dan menghancurkan dan yg lebih baiknya lagi pohon2 juga gak ditebangin…adem..semua…hahahaha

  25. wa bingung ni orang2 FPI [from pembela islam] kayak diaja yang mendirikan islam.woy orang FPI islam gabutuh bela an orang2 bejat tak bermoral yang tak punya ilmu dan belas kasih seperti kalian.kalau mau ngrampok menjarah mukul,BUNUH orang lemah pake nama islam sebut2 nama tuhan lagi.ajaran siapa yg klian pake tu.FPI FROM PEMBELA IBLIS .hanya orang2 yang ber hati iblis lah yang mampu melaku kan hal itu NGURTI GAGLO SEMUA

  26. jgn pernah mengatasnamakan agama klo sedang emosional…

  27. gg da asap lw gg da api, n gg da api lw gg da org yg nylain api, lw gg mw sumpeg gr2 asap / pns gr2 api , yw dh gg sh nylain api

  28. udaa FPI bubar aja….kumpulan manusia berkedok agamis berhati binatang alias manusia jadi jadian. GENDRUo

  29. setelah membaca dan memahami tulisan dan komentar yang ada dapat saya simpulkan :
    1. Ada orang yg konsisten kita itu bersaudara.
    2. Ada orang yg konsisten kita itu Indonesia.
    3. Ada orang waras tapi gila dan melebihi binatang kelakuannya.
    4. Ada fakta beragama dan tidak beragama tidak ada bedanya.
    5. Ada orang berpengetahuan agama/pendidikan tidak melakukan pendidikan.
    6. Perbuatan Iblis berkedok agama.
    7. Belum ada agama yang mengutuk oknum pencemar agamanya sendiri.
    8. Masih ada orang belum hormat kapan dan dimana hukum dunia dan akhirat berada.
    9. Temanggung diobok-obok iblis dari luar Temanggung.
    10.Pemerintah sebagai wakil Tuhan belum bisa mencegah kebrutalan iblis.

  30. Apapun akar masalah, yg jelas hasilnya spt diatas dan bnyak contoh lainnya. apapun alasan agama yg mendiskreditkan agama lain silahkan d bahas d forum tertutup. misalpun di bahas scara terbuka hrus dilandasi cara berpikir yg arif dan bijaksana disesuaikan dgn keadaan jaman. Depkominfo sdh sharusnya memberi peringatan kpd situs situs yg memperbincangkan agama yg mengedepankan agama sendiri dgn cara menjelekkan agama lain. jd peran serta semua individu dan pemerintah berikut lembaganya hrus sama seimbang dan konsisten.
    Negara berkewajiban melindungi rakyatnya dari apapun yg tdk menjamin keselamatan warga.
    tetapi terkadang negara terkesan membiarkan polemik berjalan dan mngkin saja terjadi kesengajaan oleh negara. ketegasan pemerintah sangat dibutuhkan. menjalankan UUD 45 hrus benar2 mutlak dan semua agama golongan penduduk hrus mematuhinya.
    tetapi yg terjadi ternyata tdk sepadan dgn para korban.
    lebih lucu lg terjadinya pengancaman terhadap penguasa. sungguh ironis cara berpikir masyarakat kita.
    anggap saja kita berada di kantor. apabila mendapat teguran sdh spantasnya kita berbenah diri. pun kalo misal kita di pecat. kita hrus menerima krn itu sdh merupakan kesalahan dr kita sendiri. dan dgn adanya pemecatan itu maka kita seharusnya menjadi lebijh sadar dan dewasa untuk d kmudian hari tdk melakukan kesalahan yg sama dan berbenah diri menuju suatu hal yg lbh baek dan lbh bermanfaat bagi smua.
    tetapi sdh kultur dr kita yg konon katanya adalah bangsa awal bangsa dgn peradaban pertama, ttp trnyata kita telah mngalamni suatu evolusi ato mutasi menjadi mahluk yg biadap. makan dan minum darah mentah.
    silahkan di kaji dlm hati masing2 apapun agama anda. mana yg ingin dicapai. urusan agama adalah urusan setelah mati.
    godaan dan maksiat adalah bumbu uji ketabahan mental kita dr keteguhan kita akan agama kita sendiri. Kalo kuat maka sesuai dgn kitab suci maka kita akan masuk surga. kalo ga kuat .. jgn salahkan hal hal duniawi. salahkan diri anda sendiri. dosa kita adalah tanggung jawab kita. dosa oprang lain biar menjadi tanggung jawab masing2. sadar diri kita hanya seonggok debu fana. tdk perlu menyikapi secara berlebihan suatu hal sekiranya mngkin tdk sesuai dgn pendapat kita. apapun itu mrk jg manusia spt kita. tdkkah kamu dengar tangisan mereka yg ditinggalkan. dmn hati nuranimu? apakah itu tujuan dr suatu agamu? membuat kesedihan terhadap org lain. membuat kekacauan. apapun itu sesuaikan dgn jaman.

  31. Hidup dalam damai adalah dambaan setiap manusia,hidup karunia Tuhan,dosa upah terhadap manusia yang berbuat di luar kehendakNYA,kita serahkan kepada Tuhan Diala yang berhak menghakimi,marilah kita sama sama intropeksi ,mengasihi,mengampuni adalah hal yang terbaik yang menguntungkan bagi sesama..peace and love

  32. Mengenai provokasi di Temanggung, menurut saya hal-hal seperti itu memang sangat sensitif, kalau sudah kerusuhan massa maka akan sangat susah dikendalikan mestinya intelijen harus sigap dalam mensikapi dan mengantisipasi ini.
    Seharusnya BHINNEKA TUNGGAL IKA tetap kita pegang teguh. Walau kita berbeda-beda seharusnya isu SARA tidak lagi mampu memecahbelah kesatuan kita. Tetapi memang tidak ada manusia yang sempurna. Mari mencari solusi terbaik, berusaha dan berdoa untuk pemecahan masalah.

    Ivo Narita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: