PROFIL MENTERI KEUANGAN DAN WAKILNYA Agus Martowardojo – Anny Ratnawati


Menteri Keuangan

Akhirnya, Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo terpilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai menteri keuangan baru pengganti Sri Mulyani Indrawati.

Jejak pria kelahiran Amsterdam, 24 Januari 1956, ini sepertinya tidak lepas dari bank. Ia pernah dicalonkan menjadi gubernur BI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi terjegal di DPR.

Sejak Mei 2005, Agus menjadi Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan pejabat lama, ECW Neloe. Agus memang bukan orang baru di Bank Mandiri. Ia masuk pada 1998 dan menduduki jabatan dari Managing Director Risk Management and Credit Restructuring pada tahun 1999, Managing Director Retail Banking and Operation Coordinator (2000), dan Managing Director Human Resources and Support Services (2001).

Sebelumnya, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) pada 1984 ini adalah Dirut Bank Permata selama tiga tahun (2002-2005).”Jabatan ini kan amanah,” kata Agus kala pelantikan sebagai Dirut Bank Permata.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Permata Tbk terhitung 31 Oktober 2002, Agus dipercaya sebagai advisor bagi Ketua dan Wakil Ketua BPPN untuk bidang Perbankan (2002).

Lulus kuliah, Agus bekerja di Bank of America melalui Officer Development Program sebagai International Loan Officer. Sesudah itu, mulai 1986, Agus hengkang ke Bank Niaga hingga 1994.

Berikutnya berturut-turut dia menjabat sebagai Deputy Chief Executive Officer di Maharani Holding (1994), Direktur Utama di Bank Bumiputera (1995-1998), dan Direktur Utama di Bank Ekspor Impor Indonesia (1998).

Di lingkungan organisasi perbankan, Agus adalah Ketua Umum Perbanas (Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta) periode 2003-2006.

Agus juga mengikuti berbagai kursus perbankan dan manajemen, termasuk di State University of New York, Buffalo, AS; Stanford University, Palo Alto, AS; dan Institute of Banking and Finance, Singapura.

Sedangkan Dirjen Anggaran Kementrian Keuangan (Kemkeu) Anny Ratnawati akhirnya dipilih SBY untuk menduduki kursi Wakil Menteri Keuangan.


Lalu siapa Anny Ratnawati? Tidak terlalu banyak informasi yang dihimpun dari pilihan SBY ini. Namun dari beberapa dokumen yang berhasil ditemukan, sebelum menduduki Dirjen Anggaran Kemenkeu, Anny ternyata sempat menempati posisi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Kepiawaian Anny selaku Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dilirik Sri Mulyani. Anny kemudian pada 8 Juli 2008, dilantik Sri Mulyani menjadi Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Anny menggantikan Achmad Rochjadi yang meninggal pada Juni 2008.

Pada awal Mei 2010, Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengangkat Anny Ratnawati sebagai komisaris PT Pertamina (Persero).

Sebelum menduduki jabatannya ini, Anny merupakan jebolan IPB. Wanita kelahiran Yogyakarta pada 24 Februari 1962 ini menyelesaikan program doktor di IPB. Bahkan, disebut-sebut disertasi SBY tidak terlepas dari sosok Anny. Anny menjadi salah penguji dan pembimbing disertasi SBY.


Sumber :

http://nasional.kompas.com/

http://www.tribunnews.com

Posted on 20 Mei 2010, in Berita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. Thanks banget udah berbagi profil Menkeu dan wakilnya…

  2. Akankah baek-baek saja …..

    Semangat always😉

  3. yang penting buat kite gaji guru tetap naik

  4. berharap tidak mengalami problematika seperti menteri sebelumnya.

  5. Semoga semua baik dan bisa membawa perubahan kebaikan untuk negeri tercinta ini, amin. Mohon mafaf, saya baru bisa berkunjung sekarang, sedang ada kesibukan yang sangat padat (Dewi Yana))

  6. lah disini saya baru masuk rupanya
    ijin komentar pada kunjungan perdana

  7. hmm..
    makasih infonya pak..

  8. Makasih atas profilnya kang agar bisa berkenalan

  9. Ganteng juga yah menkeu kita sekarang

  10. Wah saya perlu tau jalur critanya dulu nih dari awal bang. secara tidak mengikuti perkembangan di Indonesia🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: