Gaji Sri Mulyani di Bank Dunia Rp 3 Miliar


VIVAnews – Bila tidak ada rintangan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai 1 Juni mendatang hijrah ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), dengan posisi baru: Direktur Pelaksana Bank Dunia. Untuk posisi itu, Sri Mulyani bisa jadi menerima gaji tahunan lebih dari US$347.000 (atau sekitar lebih dari Rp 3 miliar) atau sekitar Rp 250 juta per bulan. Itu belum termasuk tunjangan pensiun dan tunjangan-tunjangan lain.

Demikian menurut perhitungan VIVAnews berdasarkan struktur gaji para pejabat tinggi Bank Dunia, yang dimuat dalam laman resmi World Bank. Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick, Selasa 4 Mei 2010, mengungkapkan bahwa Sri Mulyani akan menggantikan Juan Jose Daboub untuk menduduki salah satu dari tiga kursi direktur pelaksana.

Menurut laporan tahunan Bank Dunia 2009, gaji bersih yang diterima oleh dua direktur pelaksana sebesar US$347.050 (sekitar Rp 3,14 miliar) per tahun. Gaji itu sedikit lebih kecil dari direktur pelaksana lainnya yang lebih senior, yaitu sebesar US$351,740

Itu belum termasuk tunjangan pensiun sebesar US$52.752 dan tunjangan lain-lain sebesar US$76.698. Gaji dan tunjangan yang diterima para petinggi Bank Dunia bisa saja diperbarui tergantung situasi dan performa kinerja yang bersangkutan.

Oleh Zoellick, Sri Mulyani dipandang sebagai pejabat yang menunjukkan prestasi yang luar biasa. “Dia telah menjadi Menteri Keuangan yang luar biasa dengan pengetahuannya yang mendalam atas isu-isu pembangunan dan peran Grup Bank Dunia,” kata Zoellick.

“Sebagai anggota Tim Senior, dia akan memainkan peran penting dalam membawa Bank Dunia,” lanjut Zoellick. Apakah ini berarti gaji yang bakal diterima Sri Mulyani lebih besar dari pendahulunya, kita tunggu saja.

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima permintaan Bank Dunia menjadikan Sri Mulyani sebagai salah satu direktur. Presiden merelakan menteri keuangan itu.

“Respon saya, saya setujui…dengan catatan, Ibu Sri Mulyani merampungkan tugas sebagai menteri,” kata Yudhoyono dalam konferensi persnya, Rabu (5/5) di Jakarta.

Menurut Yudhoyono, Bank Dunia sejak bulan lalu sudah menyampaikan niat kepada dirinya dan Sri Mulyani soal pengangkatan sebagai managing director itu. Yudhoyono lalu menunggu permintaan resmi dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick yang dilengkapi penugasan dan peran yang akan diemban Mulyani.

Surat permintaan resmi itu, kata Yudhoyono, lalu ia terima usai rapat kerja di Tampaksiring, Bali, 30 April lalu. “Setelah saya pelajari, saya menganggap itu posisi strategis, posisi terhormat,” ujarnya.

Yudhoyono lalu menjawab, bahwa ia ingin berbicara langsung dengan Zoellick. Usai pembicaraan kedua pihak, Yudhoyono memutuskan menyetujui permintaan Bank Dunia.

Presiden belum mengungkap calon pengganti Sri Mulyani. Yang jelas, menteri selanjutnya akan meneruskan kebijakan Mulyani. “Menteri keuangan yang baru nanti akan tetap menjalankan kebijakan pemerintah yang mengedepankan kebijakan makroekonomi dan fiskal yang tepat. Reformasi keuangan akan dilanjutkan,” kata Yudhoyono.


Sumber : Vivanews dan mim yahoo.

Posted on 5 Mei 2010, in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Salam Takzim
    Sudah sewajarnya bang kalau orang pintar berpenghasilan lebih, hanya saja kenapa bu sri mau bertugas disana ya
    Salam Takzim Batavusqu

  2. wow! rruaaaarrrr biasa ^^!
    mudah2an bu sri ga lupa bayar zakat, infaq, dan sodaqoh…. amien….

  3. Semoga dapat berbagi untuk orang-orang yang sangat membutuhkan! Anak-anak kita masih banyak yang mencari sesuap nasi dijalanan!

  4. azlan.sh.mkn

    merasa haru dan bangga mba sri m dapat tempat terhormat di dunia, di negeri sendiri yang katanya orangnya sopan santun tapi malah dicaci maki, selamat bekerja semoga sukses

  5. Salam ta’zim aja shob…Ikut mendoakan dan mendukung aja mudah2 selalu didalam lindungan dan bimbinganNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: