KEKUATAN IKHLAS


Seorang pemuda tergeletak dipinggir jalan, tubuhnya kurus lemah dan sangat menggenaskan. Sudah banyak orang yang melewati tempat itu hanya mencibir dan segera berlalu. Beberapa saat kemudian Pak Darman yang dikenal sebagai saudagar kaya di kota itu lewat, sejenak dia terpaku dan timbul belas kasihannya. Dibawanya, pemuda itu kerumahnya dan dirawat hingga benar-benar pulih.

Namun pada suatu malam, pemuda tersebut menghilang dengan membawa sejumlah harta Pak Darman. Orang yang telah menolongnya hingga kesehatannya pulih. Sungguh sebuah perbuatan yang tidak terpuji….

Kebaikan Pak Darman telah dibalas dengan kejahatan. Akan tetapi Pak Darman yang mengetahui hal itu hanya tersenyum hingga membuat heran para pembantunya.

Lalu, Pak Darman berkata, ”Tidak ada peristiwa yang terjadi tanpa izin Allah. Tugas saya menolong pemuda itu sudah selesai, semoga bisa menjadi penghancur dosa saya. Mengenai harta yang dilarikan pemuda itu, tidaklah menjadi masalah. Karena pada dasarnya harta hanyalah kenikmatan dunia…. dan mungkin bila pemuda itu tidak mengambilnya, bisa saja harta itu saya pergunakan untuk hal yang maksiat. Semoga Allah SWT mengganti harta tersebut dengan kenikmatan surga dan semoga Allah mengampuni dosa pemuda itu”

Subhanallah…… adakah diantara kita yang bisa bersikap seperti Pak Darman?

Demikianlah kekuatan orang ikhlas, tidak akan pernah goyah dengan kejadian apapun, dia senantiasa ridho pada ketentuan Allah, karena yakin bahwa Allah tidak akan pernah menzalimi hamba-Nya.

Semoga kisah singkat ini dapat jadi bahan perenungan untuk kita semuanya terutama untuk saya tentunya. Dengan senantiasa yakin bahwa Allah Mahatahu dan tidak pernah melupakan perbuatan baik hamba-Nya, walaupun hanya perbuatan menyingkirkan sebuah paku kecil di tengah jalan.

Kita jangan pernah berharap balasan dari orang yang telah kita tolong, karena sesungguhnya balasan Allah itu jauh lebih baik, asalkan kita melakukannya dengan ikhlas.

Ketika Allah menciptakan gunung, para malaikat kagum. Akan tetapi, Allah berfirman ada yang lebih kuat dari gunung yaitu besi. Namun ada yang lebih kuat dari besi , yaitu api. Pun ternyata masih ada yang lebih kuat dari api, yaitu air. Lagi-lagi masih ada ciptaan Allah yang lebih kuar dari air, yaitu angin. Dan terakhir masih ada yang lebih hebat dari angin, yaitu hamba Allah yang ikhlas dalam setiap perbuatannya.

Posted on 29 Januari 2010, in Tak Berkategori and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: