THE GREAT WALL IN CHINA


The Great Wall

Beberapa waktu yang lalu, sempat saya posting beberapa obyek wisata lokal yang menarik untuk dikunjungi. Kembali kali ini saya akan mengajak anda untuk jalan-jalan, tapi tempatnya agak jauh… yaitu China.

China merupakan sebuah negara yang mempunyai sejarah lama, kebudayaan cemerlang dan kaya dengan sumber pelancongan. Warisan Alam dan Warisan Budaya Di China memperlihatkan kecerdikan dan kerajinan rakyat China.

Salah satu peninggalan warisan china yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia adalah ; Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (Hanzi tradisional: 長城; Hanzi sederhana: 长城; pinyin: Chángchéng), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹ (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina.

Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.

Dari beberapa sumber yang saya baca, Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Semula, diperkirakan Qin Shi-huang yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada Zaman Negara-negara Berperang. Kaisar Qin Shi-huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.

Sekitar 50 km di utara Beijing, ada sebuah desa di kaki bukit bernama Badaling. Dari sinilah para turis memasuki pintu gerbang menuju Tembok Besar Cina (The Great Wall). Pemandangan dari atas tembok sangat indah. Tembok sepanjang 6000 km itu konon bisa terlihat dari bulan.

Sepeninggal Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming tadi. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok.

Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kira-kira tembok ini dekat nggak yah. dengan tempat tinggal Mbak Dhana Arsega/戴安娜 , seorang Blogger Asal Indonesia yang bermukim di China….??. Beberapa waktu yang lalu Mbak Dhana menganugerahkan saya beberapa Award pada postingannya disini .

我是印尼的东爪哇根中,我简单,我自愿的每个人,永远不要停止学习出头 I’m is an Chinese of East Java Indonesian roots,i’m simple,i’m voluntary to everyone,never stop to learn somethings.WALAH YG JELAS SAYA BUKAN WANITA LUAR BIASA,TIDAK SERBA BISA NAMUN WANITA BIASA-BIASA AJA.

Demikianlah yang tertulis di profilnya,….. Untuk sahabat yang belum kenal, silahkan berkunjung ke blog dofollownya yang keren dengan postingan 3 bahasa disini.

Dua diantara Award diatas juga dianugerahkan oleh sahabat baru saya Dian Ambar Wasesha yang sangat rajin berkomentar di tempat ini. Makasih banyak atas penghargaan ini.

Untuk selanjutnya semua Award ini saya persembahkan buat sahabat yang rela mampir meninggalkan komentar di postingan ini tanpa terkecuali.

Terima kasih atas dukungannya selama ini.

Iklan

Posted on 23 Januari 2010, in Tak Berkategori and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: