KONTROVERSI BUKU GURITA CIKEAS


GURITA CIKEAS

Buku Membongkar Gurita Cikeas ini sedang menjadi topik paling hangat dibicarakan orang saat ini, buku karangan dari George Junus Adijtondro menjadi fenomena tersendiri karena memang buku ini membahas tentang keluarga cikeas dan jaringanya, meskipun kebenaran dari buku ini juga masih dipertanyakan, buku yang berisi 183 halaman ini sedikit banyak membahas tentang silang pendapat dugaan kasus Bank century

‘Gurita Cikeas’ Menggurita di Facebook
Buku ‘Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century’ turut menyita perhatian pengguna Facebook Tanah Air. Kini, sejumlah grup terkait karya George Aditjondro itu pun langsung menggurita di situs jejaring sosial tersebut.

‘Membongkar Gurita Cikeas’ akan dilaunching di Doekoen Cafe, Jakarta, Rabu (30/12/2009) hari ini. Sebelumnya buku telah dilaunching di Yogyakarta pada Rabu (23/12/2009) lalu. Dalam salah satu bab, Aditjondro menyebutkan keterlibatan SBY dan keluarganya dalam kasus Century.

Beberapa komentar tentang Peredaran Buku ini :

Presiden SBY menyatakan prihatin atas terbitnya buku “Membongkar Gurita Cikeas” yang banyak berisi ketidakbenaran dan fitnah. Ia juga membantah menunjuk Marsilam Simanjuntak dalam rapat KSSK yang memutuskan pencairan dana talangan Century.

Amien Rais menilai isi buku ‘Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century’ karangan George Aditjondro, mengungkap hal-hal yang sensitif. Meski demikian, Amien meminta agar buku tersebut tidak dilarang untuk beredar di pasaran …

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah institusi yang disebut-sebut menerima dana talangan Bank Century tidak perlu merespon. “Justru jangan ada respon apa-apa. Artinya biarkan saja, jangan ambil langkah-langkah khusus termasuk institusi jangan bergerak,” ujar pengamat politik Anies Baswedan

Tokoh senior Muhammadiyah, Amien Rais, mengaku telah melahap habis buku Membongkar Gurita Cikeas dalam hitungan jam. Lantas, bagaimana pendapatnya setelah membaca habis buku karya George Aditjondro tersebut?

“Saya mendapat info yang masih sepihak. Buku ini merupakan gabungan dari berbagai sumber sekunder, seperti internet, jurnal, dan koran. Data-data ini kemudian digabung-gabungkan. Tidak ada hasil penelitian sendiri,”

AKIBAT buku “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century”.yang ditulisnya, George Junus Aditjondro menggegerkan konstelasi politik nasional. Pasalnya, buku yang diterbitkan Galang Press Jogjakarta ini, sengaja mengungkap borok ‘Kerajaan’ Ciekas, tempat Presiden SBY.

Buku Membongkar Gurita Cikeas ini didahului dengan kata pengantar yang menyatakan bahwa penulis tidak bermaksud menyerang lingkaran keluarga Cikeas. Meski demikian, ini sebagai bentuk kepedulian penulis terhadap kinerja pemerintah SBY agar memberantas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) tanpa tebang pilih. Dimulai dari keluarga besarnya yang banyak menguasai pos-pos strategis yang rentan terhadap peluang-peluang KKN.

Sebanyak 10 bab yang ada dalam buku dibuka dengan foto bergambar keluarga SBY di rumah sakit saat menantu SBY, Anissa Pohan, melahirkan anak pertamanya. Ke-10 bab tersebut adalah Membongkar Gurita Cikeas: di Balik Skandal Bank Century, Bantuan Grup Sampoerna untuk Harian Jurnas, Pemanfaatan PSO LKBN Antara untuk Bravo Media Center, Yayasan-Yayasan yang berafiliasi dengan SBY, Kaitan dengan Bisnis Keluarga Cikeas, Yayasan-yayasan yang Berafiliasi dengan Ny. Ani Yudhoyono, Pelanggaran-pelanggaran UU Pemilu oleh Caleg-Caleg Partai Demokrat, Kesimpulan, Lampiran, dan Referensi penulis.

Terus terang saya belum baca buku ini jadi gak bisa bicara banyak. Uraian di atas hanya potongan beberapa tulisan di internet. Dan saya juga tidak menjamin semua yang saya tuliskan di atas benar adanya.

Salah satu Link download Buku Membongkar Gurita Cikeas yang sempat saya baca adalah :

http://v3bernardia.files.wordpress.com/2009/12/gurita-cikeas.pdf

Yang saya herankan, mengapa Buku Membongkar Gurita Cikeas ini hilang dari peredaran, sedangan perintah penarikan belum ada ?….

Mungkin sahabat semua ada link dowload yang lain? silahkan di share di kotak komentar dibawah.

Iklan

Posted on 30 Desember 2009, in Tak Berkategori and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: