THE CHILDREN OF GOD


KARENINA

Miss Indonesia 2009 Karenina Sunny Halim Terlibat Children of God?

Children of God (COG), yang belakangan dikenal sebagai Family of Love, adalah sebuah bidat Kristen yang dimulai pada 1968, di Kalifornia, Amerika Serikat. Gerakan ini muncul di era Jesus Movement atau Gerakan Yesus, yakni sempalan dari generasi Hippies yang bertobat dan menjadi Kristen yang berfokus pada ‘keselamatan melalui pengalaman iman kepada Yesus Kristus’.

Pelopor gerakan COG adalah seorang pendeta bernama David Brant Berg (1914-1994), yang mencampuradukan ajaran Kristen dengan kebebasan perilaku Hippies seperti seks bebas dan pemberontakan kepada masyarakat.

Ajaran ini dikenal sebagai ‘sexual sharing’ di mana para anggota komunitas ini bebas melakukan hubungan seksual dengan sesama anggota, sekalipun hubungan pernikahan tetap diakui. Belakangan, David tak hanya menikahi Maria, tetapi juga wanita-wanita cantik lainnya.

Pada tahun 1977, karena nama miring yang melekat dalam diri COG, mereka mempopulerkan nama baru: ‘The Family’ atau ‘The Family of Love.’ Dalam situs resmi, mereka mengklaim telah memiliki pengikut yang tersebar di penjuru di dunia yakni lebih dari 100 negara; memiliki lebih dari 35 ribu sukarelawan, 850 juta literatur yang sudah diterjemahkan dalam 61 bahasa; memproduksi sekitar 1,4 juta video dan 8 juta tape yang sudah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa dan disebarkan ke seluruh dunia.

Saat pendiri COG, David Brant Berg, menemui ajalnya pada tahun 1994, kepemimpinannya diambil alih oleh isteri mudanya, Maria—yang kemudian menikah dengan anggota lain.

Sejatinya, pelbagai informasi miring mengenai COG, diperoleh dari para anggota COG yang kemudian sadar dan melepaskan diri dari komunitas tersebut—termasuk putri David dari isteri pertamanya, Jane. Sang putri, Linda Berg (Deborah Davis), kemudian menulis buku yang membongkar praktek mesum dan otoriter komunitas tersebut.

Di Indonesia, gerakan COG hadir dengan ‘kemasan’ baru bertajuk The Family of Love, yang pada tahun 1980-an pernah beroperasi di Indonesia sebelum akhirnya dilarang oleh Departemen Agama RI.

Hidayatullah.com–Miss Indonesia 2009 Karenina Sunny Halim yang tengah mengikuti ajang Miss World di Afrika Selatan terkena gosip miring. Karenina diduga terlibat sebuah sekte sesat. Adalah sebuah media di Afrika Selatan bernama Mail & Guardian yang melempar gosip tersebut. ‘Miss Indonesia’s links to religious cult,’ begitu judul berita Mail & Guardian.

Dugaan Mail & Guardian itu muncul gara-gara pernyataan Karenina di sebuah majalah terbitan Jakarta. Dalam majalah itu Karenina menyebutkan kalau dirinya adalah anggota dari The Family International. Dikutip dari Mail Guardian, Jumat (11/12) The Family International merupakan bentuk modern dari The Children of God, sebuah kelompok sesat Kristen yang didirikan pada 1968.

Sekte tersebut pernah dilarang karena atas kejahatan seks yang dilakukan. Kejahatan itu di antaranya, prostitusi, pelecehan seks pada anak dan penculikan. Kejahatan tersebut terjadi di Argentina, Prancis dan Spanyol. Pada 1990, dilakukan penyelidikan pada The Children of God.

Sekadar informasi, Final Miss World 2009 akan digelar di Johannesburg, Afrika Selatan, 12 Desember 2009 hari ini. Namun tuduhan terhadap perempuan berdarah Amerika kelahiran Jakarta 13 Juni 1986 ini tak bisa dikonfirmasi media karena keikutsertaannya mengikuti rangkaian kegiatan Miss World.

Kita hanya bisa berharap semoga berita ini tidak benar adanya melainkan hanya polemik belaka, dan semoga konsentrasi Karenina tidak terganggu dalam mengikuti event yang berlangsung hari ini dan dapat membawa nama harum Indonesia di Ajang International. Amin…

Dari berbagai Sumber

Posted on 12 Desember 2009, in Berita and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: