GEBRAKAN BARU GOOGLE


GOOGLEGoogle terus melakukan gebrakan. Setelah merilis sistem operasi Google Chrome, beberapa waktu lalu, perusahaan mesin pencari raksasa ini akan membeli sistem kolaborasi AppJet, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang inovasi teknologi yang mengembangkan Google Wave. Demikian dilansir AFP, Sabtu (5/12).
“Kami dengan bangga hati mengumumkan AppJet sudah diambil alih oleh Google,” demikian disampaikan AppJet dalam situs resminya.

“Dengan demikian tim EtherPad akan terus bekerja dan mencari inovasi baru dengan melakukan kolaborasi real time dan bekerja dengan tim Google Wave,” jelasnya, lagi.

EtherPad juga memungkinkan sejumlah orang di beberapa jenis komputer bisa bekerja secara simultan untuk mengedit dokumen yang di-sharing secara online dan dengan perubahan yang segera bisa dilihat di seluruh tampilan komputer user.

EtherPad dari AppJet sesuai dengan visi inovasi Google untuk sistem komunikasi Wave yang menggunakan platforma di mana seluruh orang-orang dapat melakukan perubahan yang berbeda dari sistem tradisional sebuah email.

September lalu, Google mulai mengundang orang-orang untuk melakukan tes menggunakan sistem pesan Wave yang menyatukan email, chat online, sistem pertemanan sosial, dan sistem gaya wiki untuk mengakses halaman ataupun dokumen.

“Kami masih melakukan sejumlah perubahan dan masih ada beberapa masalah,” kata Manajer Produk Google Wave Gregory D’Alesandre, pada bulan lalu dalam sebuah konferensi teknologi internet di San Fransisco, AS.

“Ada beberapa fitur yang masih harus diselesaikan,” katanya. Dengan Wave, email dan sistem pesan singkat masuk ke wilayah online di mana setiap orang bisa mengedit dokumen, menambahkan konten digital, memberikan komentar, setiap saat.

Harga pembeliannya tidak diketahui tetapi sejumlah laporan menyebutkan jika harganya sekita 10 juta dolar AS.

AppJet diluncurkan pada Desember 2007 lalu dan tiga orang yang memulai perusahaan ini adalah orang-orang yang merupakan mantan karyawan Google.

AppJet yang memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi web dari dalam browser telah meluncurkan sebuah aplikasi interaktif baru yang mengajarkan pemrograman kepada pemula. Aplikasi ini menitik beratkan pada JavaScript, salah satu bahasa pemrograman terpopuler dunia dan menargetkan orang-orang yang buta pemrograman.

Pendiri AppJet Aaron Iba mengatakan bahwa pemakai dapat menyelesaikan kursus ini dalam beberapa minggu, tergantung dari seberapa banyaknya waktu yang mereka habiskan untuk menonton demonstrasi interaktif. Saat bab pelajaran yang tersedia sudah berjumlah 24 dan terus bertambah.

Kursus online ini sangat penting karena memberikan cara mudah bagi pemula untuk mulai belajar pemrograman. Hampir semua tutorial yang ada saat ini membutuhkan pengguna untuk menginstal aplikasi di PC dan mengkonfigurasinya terlebih dahulu sebelum mulai menulis program (PHP, Visual Basic, dll). AppJet tidak membutuhkan instalasi perangkat lunak apapun, memungkinkan pemakai untuk memodifikasi, debug dan menjalankan program melalui browser. (TechCrunch)

Selain kursus gratis ini, AppJet juga menawarkan fasilitas pembuatan dan hosting aplikasi web secara gratis. Kunjungi AppJet!

Sumber :
Tribun Timur.Com dan Udaramaya.com

Iklan

Posted on 6 Desember 2009, in Berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: