THE DOCTOR FISH


Ketika pulang dari Makassar mendampingi Siswa dalam Tugas Penelitian minggu lalu, rombongan menyempatkan diri mampir ke salah satu obyek wisata di kabupaten Pangkep, yaitu Pemandian Alam Leangkassi. Dan di lokasi itu juga terdapat Situs Purbakala Gua Leang-Leang.

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang pemandian alam itu, namun ada hal baru yang selama ini cuman pernah saya lihat di TV, yaitu di salah satu sudut lokasi pemandian alam tersebut, terdapat sebuah kolam yang banyak di jejali pengunjung. Mereka duduk dengan santainya di pinggiran kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam kolam.

Setelah saya mendekat, barulah saya tahu ternyata para pengunjung yang duduk dipinggir kolam itu sementara menjalani terapi Ikan Garra Rufa, yang penduduk setempat menyebutnya ‘pai-pai’.

Karena merasa penasaran, sayapun mencoba mencelupkan kaki dan seketika gerombolan Ikan kecil berukuran 3-4 cm langsung menyerbu kaki saya yang memang rada banyak korengnya…


Andai ikan itu bisa ngomong,… pastilah mereka berisik banget, berebutan mengigit kulit kaki saya yang kaya akan jaringan sel kulit mati. Awalnya sih rasanya geli, tapi kemudian malah keenakan sampai lupa waktu…. Sepertinya ikan-ikan ini kelaperan. Kulit-kulit mati di kaki saya disikat abis! Apa ikannya ga kenyang-kenyang ya?

Dari penjelasan Pak Arif (Pengelola Kolam tersebut), saya banyak mendapat penjelasan ikan penghuni kolam tersebut. Yang menurutnya, ikan Garra Ruffa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan zat antarin yang dimiliki, ikan yang dikenal sebagai ‘Dokter Ikan Turki’ itu mampu mengangkat sel kulit mati tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Dalam sejarahnya, habitat ikan sebesar jari kelingking orang dewasa itu ada di Turki sejak tahun 1800. Ikan ini hidup di air yang bersuhu 36-37 derajat celcius.

Ikan ini ternyata punya banyak nama lho, yaitu nibble fish, kangal fish, little dermatologists dan doctorfishen. Wuihh.. banyak ya?

Kalo klasifikasi ilmiahnya, ikan ini mempunyai data sebagai berikut:

Kingdom: Animalia
Phylum: Cordhata
Class: Aptinocterygii
Order: Cypriniformes
Family: Cyprinidae
Genus: Garra
Species: G. rufa

Kemampuan penyembuhan penyakit kulit yang dilakukan oleh Ikan Garra Rufa ini, konon diawali dari kisah seorang pengembala ternak yang kakinya terluka. lalu pengembala itu merendam kakinya ke dalam kolam kecil yang di dalamnya terdapat Ikan Garra Rufa. Sesaat ikan itu langsung mengerumuni kakinya yang luka dan perlahan beberapa saat kemudian lukanya pun sembuh.

Berawal dari sanalah, kini ikan-ikan Garra Rufa dikenal mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

Posted on 29 November 2009, in Tak Berkategori and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: