BECCE LAWO SI GOKIL DARI SENGKANG


Prifil Becce_Lawo

Beppa beppa, beppa de gollana, engkamo kalukunna, becce laung asenna.

Beppa = Kue
de gollana = tidak ada gula
engkamo kalukunna = ada kelapa
asenna = namanya.

Demikian salah satu syair yang sangat terkenal dikalangan suku bugis, tentang sebuah kue tradisional dari tepung ketang putih dicampur parutan kelapa lalu disangray. Kue sederhana tapi khas dan asyik dimakan ….. Becce laung sebutannya.

Syair tersebut sedikit dipelesetkan oleh Becce Lawo sebagai catatan di header blognya.
Meskipun sesama Blogger Bugis yang hanya berjarak sekitar 30 km dari kampung Becce lawo, saya sendiri belum pernah kopdar sama dia dan belum tahu tahu alasan pemilihan nama blognya.

Becce Lawo mempunyai kegemaran berkebun, membaca, masak, nonton, Traveling, Bisnis dan Design. Sengkang adalah kota kelahirannya…., sebuah kota yang berjarak sekitar 240 km dari
Makassar.

Sengkang adalah ibukota Kabupaten Wajo yang mempunyai karakteristik dan potensi lahan yang terbaring dengan posisi “Mangkangulung Ri BuluE, Massulappe Ri GalungE, Mattoddanng Ri TasiE Nennia Ri TapparengE” artinya, Kabupaten Wajo terbagi dalam 4 dimensi yaitu tanah berbukit, dataran rendah, danau dan laut.

Lahan berbukit terbentang dari selatan ke utara yang merupakan hutan dan lahan tanaman industri, perkebunan coklat, cengkeh, jambu mete serta pengembalaan ternak.

Dataran rendah terletak dibagian timur, selatan, tengah dan barat yang merupakan hamparan sawah dan perkebunan/telaga. Danau terletak dibagian barat yaitu Danau tempe, penghasil terbesar ikan air tawar di Propinsi Sulawesi Selatan.

Sedangkan pesisir pantai membentang disebelah timur, menghadap Teluk Bone sepanjang 203 km dari garis pantai.

Komoditi yang paling terkenal dari daerah ini adalah kain Sutera.

Koq jadi belajar Geografi sih Becce,….

Becce adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang sementara tahap penyelesaian studi di salah satu perguruan tinggi terkenal di Makassar. Di sela kesibukannya dalam perampungan skripsi, Becce sangat rajin keliling mengunjungi blog sahabat, Cirinya yang khas dalam setiap postingannya gokil abis…… sehingga meskipun Dunia blogosphere baru digelutinya beberapa bulan yang lalu, dia sudah banyak memiliki sahabat, dalam postingannya disini.

Dia menganugerahkan Award khusus sebanyak 51 buah itupun baru part 1, mungkin bisa masuk MURI nantinya sebagai pembuat Award terbanyak.

Award khusus yang diberikan buat blog FATAMORGANA adalah

Award Buat Deng Iwan
Terima kasih banyak buat Becce_Lawo, moga saja kuliahnya cepet selesai dan bisa kembali ke kampung halamannya untuk mengelola sumber daya alam yang melimpah disana. Jangan biarkan orang lain untuk mengelolanya.

Posted on 14 November 2009, in Tak Berkategori and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: