BUAH CINTA SANG CERPENIS


Buah Strawberry pada zaman Yunani kuno dijadikan sebagai lambang cinta. Apakah karena bentuknya yang seperti hati? Ternyata bukan. Strawberry dijadikan sebagai lambang cinta oleh masyarakat Yunani kuno karena warna, rasa, dan manfaat buah ini.

Tanaman yang tergolong sebagai tanaman buah herba ini pertama kali ditemukan di negara Chili, Amerika. Salah satu spesiesnya yang terkenal adalah Fragaria Chilioensis L yang menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Amerika, Eropa, dan Asia. Selain itu ada spesies F Vesca L yang lebih luas lagi penyebarannya dan jenis strawberry inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Sekarang ini ada lebih dari 700 macam buah strawberry yang menyebar di seluruh penjuru dunia dan yang banyak kita temukan di pasar swalayan adalah strawberry modern (komersil) Fragaria x annanassa var Duchesne yang dihasilkan dari persilangan F. virgina L var Duchesne asal Amerika Utara dengan F. Chilioensis L. Var Duchesne asal Chili.

Strawberry mulai dikenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Strawberry yang banyak ditanam penduduk adalah fragaria nilgerrensis yang lebih dikenal dengan Strawberry Nyodo. Selain di daerah Jawa Barat, Strawberry juga mulai dibudidayakan di daerah Tawangmangu Kabupaten Karang Anyar, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu, dan Bedugul (Bali).

Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah strawberry mempunyai khasiat yang sangat banyak. Selain itu strawberry ternyata kaya vitamin C, serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic.

Dengan mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari, maka kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Strawberry memiliki kandugan vitamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dengan kandungan vitamin C-nya tersebut diyakini strawberry mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker hingga 37% seperti yang dirilis The Iowa Women’s Health Study, selain itu strawberry juga diyakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.

Beberapa Manfaat Buah Stawberry :

  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena kandungan asam ellagicnya
  • Dapat meredam gejala stroke
  • Mengandung zat antialergi dan antiradang
  • Dibandingkan dengan sayuran atau buah yang lain, konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada starwberry, efektif untuk mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).
  • Kaya dengan vitamin C, yang bermanfaat untuk pertumbuhan pada anak
  • Kadar gula yang dikandungnya sedikit jadi cocok untuk diet bagi yang mengidap diabetes
  • Dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih hingga mencegah antikeriput pada kulit
  • Dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi
  • Ampuh melawan encok dan radang sendi
  • Berkhasiat untuk menghentikan serangan diare karena memiliki zat astringent
  • Kebutuhan vitamin C orang dewasa per harinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bisa terpenuhi.

Khasiat-khasiat sampingan juga masih banyak terdapat pada buah ini. Untuk kesehatan, strawberry paling bagus dimakan dalam keadaan segar, baik utuh atau dibuat juice. Khasiatnya jika sudah dibuat selai atau bagian dari makanan olahan, akan sangat berkurang. Karena itu, usahakan mengkonsumsi strawberry segar.

Dan sebagai wujud cinta Mbak Fanny pada sahabat di dunia blogosphere, dan merayakan postingannya yang ke 500,….. Notaris dan Sang Cerpenis kreatif ini. Merancang sebuah Award khusus yang sangat indah dan menganugerahkan ke 57 orang sahabat, termasuk saya.


Adapun persyaratannya :

  • Award harap diambil sebelum bulukan dan jamuran.
  • Pajak Pemenang ditanggung Bang Bing Bung.
  • Award dibagikan kembali kepada teman-teman anda yang sudah punya postingan sejumlah 500 buah di blognya.

Karena sampai saat ini saya belum tau siapa sahabat yang mencapai postingan 500 , maka untuk semntara, Awardnya saya simpen dulu.

makasih banyak Mbak atas Awardnya yang keren ini. Semoga postingan saya bisa mencapai 500 juga.

Posted on 22 Oktober 2009, in Tak Berkategori and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: