FENOMENA ANAK KEMBAR


Ada yang punya pengalaman sama anak kembar ga? Punya saudara yang anak kembar, punya anak kembar? Ato punya pacar yang anak kembar ?

Kebetulan di kelas tempat saya ngajar dari sebelas kelas yang saya hadapi, ada 5 pasang anak kembar, empat diantaranya adalah kembar identik sedang yang yang satu kembar tidak identik atau fraternal.

Kembar fraternal itu asalnya dari dua sel telur yang dibuahi sama 2 sel sperma. Makanya biarpun lahirnya bareng, mukanya gak sama soalnya terbentuknya sendiri-sendiri. Jenis kelaminnya pun bisa beda. Kebetulan siswa saya yang kembar fraternal jenis kelaminnya sama perempuan, tapi membedakannya tidak terlalu sulit.

Yang membuat saya susah membedakan adalah yang empat pasang kembar identik ini, karena terbentuknya dari satu sel telur yang setelah dibuahi membelah jadi dua individu. Makanya bisa sama persis. Bisa dibilang exact copy-nya deh. Saya terkadang salah dalam memanggil nama….. atau salah menegur kalau kebetulan ada yang berbuat kesalahan.

Emang lucu sih klo ngeliat anak kembar, lagi pula orang tua biasanya memberi perlakuan sama (alasannya supaya adil), dikasih baju yang sama. Belum lagi mitos kalo anak kembar itu punya ‘ikatan’, etc, etc, etc. Makanya gw mao nanya ni, ada yang pernah punya pengalaman gak?

Untungnya saya nggak ngajar di India sana, Tepatnya di Kelurahan Kodinji? Setidaknya ada 230 pasang orang kembar di situ.

Tingkat kelahiran bayi kembar identik di kelurahan yang terletak di Negara Bagian Kerala Utara, India, tersebut empat kali lebih banyak ketimbang angka nasional. Tak aneh, daerah yang dihuni sekitar 15.000 orang itu dijuluki “desa kembar.”

Berdasarkan sensus langsung dari rumah ke rumah yang dilakukan sejak awal tahun ini ditemukan 204 pasang orang kembar. Namun, berdasarkan catatan akta kelahiran di kelurahan itu, didapat angka 230 pasang.

“Ini fenomena yang aneh dari sisi medis, mengingat penduduk di situ masih belum tercemar oleh obat-obatan modern maupun bahan kimia yang merusak. Itu desa perawan,” tutur Dokter Sribiju, yang sedang meneliti fenomena itu.

Fenomena tersebut terjadi sejak lama. Pasangan kembar tertua yang masih hidup adalah Pathummakutty dan Kunhipathutty yang berusia 65 tahun. Sedangkan pasangan termuda adalah Rifa Ayesha dan Ritha Ayesha, yang dilahirkan pada 10 Juni lalu.

Menurut dugaan Dokter MK Sribiju, yang berpraktik di daerah itu, penyebab “kesuburan” tersebut adalah air setempat. Begitu pun keyakinan warga. Air memang melimpah, saking melimpahnya, pada musim hujan desa itu sulit ditembus, karena di sekelilingnya kebanjiran.

“Di belahan dunia modern, bayi kembar lebih disebabkan oleh karena obat penyubur kelahiran. Selain itu, usia perkawinan yang makin tinggi juga meningkatkan peluang melahirkan bayi kembar,” kata Sribiju. Rata-rata perempuan di situ menikah pada usia 18-20 tahun.

Meski dianggap fenomenal, masyarakat setempat menganggapnya biasa-biasa saja. Mereka menerima apa adanya, termasuk kerumitan dan kekonyolan, yang terjadi dari “kekembaran” tersebut. Bagi orangtua, masalah yang dihadapi tentulah antara lain, biaya membesarkan anak kembar lebih tinggi ketimbang anak tunggal.

Beberapa selebriti sengaja melakukan treatment untuk mendapatkan anak kembar. Kabarnya Brad Pitt dan Angelina Jolie juga melakukan treatment untuk memperoleh momongan kembar. Julia Robert juga melahirkan anak kembar.

Jennifer Lopez melahirkan bayi kembarnya Max dan Emme pada 22 Februari 2008 di Long Island, New York.

Julia Roberts dan suaminya, kameramen Danny Moder jadi orang tua yang berbangga hati dengan kedua momongan kembar mereka, Phinnaeus dan Hazel, sekarang berusia 3 tahun.

Bintang THE GODFATHER ini jadi ayah lagi saat menginjak usia 60 tahun. Si kembar Anton dan Olivia lahir pada 25 Januari 2001. Pacino mendapatkan anak kembarnya dari aktris Beverly D’Angelo, yang hamil lewat proses IVF.

Bintang DESPERATE HOUSEWIVES ini mendapatkan momongan untuk pertama kalinya di usianya 44 tahun. Eden dan Savannah dilahirkan di LA pada 20 Februari 2008. Marcia saat itu diminta untuk melakukan istirahat total selama beberapa minggu.

Quaid dan istrinya Kimberly mendapatkan momongan kembar, Thomas Boone dan Zoe Grace pada 8 November 2007. Bayi-bayi lucu ini dikandung oleh surrogate mother (ibu titipan), tapi anak biologis Dennis dan Kimberly.

Mogul musik yang kerap berganti-ganti nama ini mendapat momongan kembar D’Lila Star dan Jessie James. Saat mantan kekasihnya, Jennifer Lopez melahirkan anak kembar, Combs memberikan selamat dan menjanjikan akan membanjiri anak-anak ini baju-baju dari label busananya. Dan dia sendiri ternyata juga dikaruniai anak kembar.

Micahel J Fox memiliki empat anak, Sam Michael (19),si kembar Aquinnah Kathleen dan Schuyler Frances (13) serta Esme Annabelle (6). Di tahun 1994.

Pasangan ini sudah memiliki empat anak, Maddox, Zahara dan Pax Thien yang diadopsi dan seorang anak kandung Shiloh. Dan pada 12 Juli 2008 ini mereka mendapatkan momongan kembar yang diberi nama Knox Leon dan Vivienne Marcheline. Kedua bocah lucu ini lahir lewat operasi caesar di sebuah rumah sakit di Nice, Perancis.

Posted on 21 Oktober 2009, in Tak Berkategori and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: