METEOR JATUH DI BONE


Ledakan keras di kawasan Teluk Bone, Sulsel, mengejutkan warga. Saksi sempat melihat ada bola api di angkasa. Benda apakah itu gerangan? Warga berspekulasi benda itu adalah jet tempur Sukhoi atau meteor yang jatuh.


Warga bernama Kasmir mengaku melihat ada bola api di langit dan kemudian berbentuk memanjang saat jatuh. “Cahaya api itu bukan pesawat jatuh, sebab bentuknya memanjang yang penuhi api seperti sebuah meteor besar,” katanya di Bone, Kamis (8/10).

Warga lainnya yang berdomisili di sekitar Teluk Bone menuturkan suara ledakan terdengar di atas laut. Sehingga mereka menduga ledakan itu disebabkan meledaknya sebuah pesawat yang melintas di wilayah itu.

Sampai saat ini, informasi yang beredar masih simpang siur. Beberapa warga menyebutkan, selain ledakan pesawat, kemungkinan suara ledakan juga berasal dari pesawat jet tempur Sukhoi yang sementara latihan di wilayah itu.

Seorang warga lainnya, Rusmin, menyebutkan ledakan tersebut disebabkan aksi bom ikan yang dilakukan nelayan setempat. Ratusan warga Kecamatan Awangpone di perbatasan Kabupaten Bone-Wajo, dilaporkan bergerak melakukan pencarian asal suara ledakan itu.

Berkait dengan itu, Departemen Perhubungan maupun Danlanud (Komandan Lapangan Udara) TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar mengkonfirmasikan bahwa tidak ada laporan perihal pesawat pesawat tempur Sukhoi maupun pesawat komersial yang jatuh.

Sedangkan pihak LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) masih belum dapat memastikan benda apa yang jatuh di teluk Bone itu. Mengingat menurut data yang didapat dari NORAD (North American Aerospace Defense Command), tidak ada benda angkasa yang terdeteksi jatuh ke wilayah Indonesia.

NORAD merupakan monitor radar milik Amerika Serikat yang memungkinkan publik dunia mengetahui jika ada benda langit yang jatuh ke Bumi. NORAD mendeteksi semua benda-benda luar angkasa baik yang artifisial maupun buatan yang masuk atau keluar Bumi.

Walau begitu, pihak peneliti di LAPAN menduga kuat bahwa benda itu adalah meteorit. Sebab saat ini tidak banyak sampah antariksa di luar angkasa, dan , tidak ada informasi tentang adanya benda jatuh buatan manusia atau sampah antariksa yang melintas di sekitar Bone.

Sementara itu, saat ini pihak Polres Bone sedang melakukan penyelidikan terhadap peristiwa itu. Penyelidikan dipimpin langsung oleh Wakapolres Bone, AKBP Dukiyanta.

Sampai saat ini, peristiwa itu masih merupakan teka-teki, juga di sementara kalangan telah menimbulkan rasa was-was.

Iklan

Posted on 9 Oktober 2009, in Berita and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: