EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS


Zebra cross adalah tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan, dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur berwarna putih dan hitam yang tebal garisnya 300 mm dan dengan celah yang sama dan panjang sekurang-kurangnya 2500 mm, menjelang zebra cross masih ditambah lagi dengan larangan parkir agar pejalan kaki yang akan menyeberang dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan. Pejalan kaki yang berjalan diatas zebra cross mendapatkan perioritas terlebih dahulu.

Disebut sebagai zebra cross karena menggunakan warna hitam dan putih seperti warna pada hewan zebra dari kelompok hewan kuda yang hidup di Afrika.

Terkadang saya kesel bila harus nyeberang di zebra cross. Meskipun sebenarnya itu satu-satunya jalan yang aman untuk pejalan kaki bila tidak terdapat jembatan penyeberangan.

Masalahnya adalah selama berkali-kali melewati zebra cross jalan-jalan yang saya biasa lalui hanya ada satu atau dua orang yang melewati zebra cross ini. hal ini menandakan masih kurangnya kesadaran para pengguna jalan dalam mematuhi aturan.

Mungkin hal itu juga disebabkan oleh para pengguna kendaraan terutama sepeda motor yang menyetop kendaraannya tepat diatas Zebra cross, sehingga ruang pejalan kaki untuk menyeberang tidak ada.

Ada juga fenomena yang lain,… dikalangan para remaja putri, Zebra cross malah dijadikan sebagai catwalk… simak gambar dibawah, (Gambar ini saya lupa comot dari mana) :
Di luar negeri, berbagai macam cara yang dilakukan untuk menarik minat para pejalan kaki untuk menggunakan Zebra cross sesuai fungsinya,dengan membuat Zebra cross yang unik seperti beberapa gambar di bawah ini yang saya ambil dari Kaskus.

Gimana dengan pengalaman anda dalam menggunakan Zebra cross??

Posted on 3 Oktober 2009, in Tak Berkategori and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: