KONTROVERSI ‘LAGU TERANG BULAN’


Polemik saling klaim antara Malaysia dan Indonesia terus berlanjut. Setelah Malaysia mengklaim Tari Pendet asli milik Bali. Kini, giliran Indonesia yang balik mengklaim lagu kebangsaan Malaysia berjudul Negaraku adalah contekan dari lagu Terang Bulan milik Indonesia.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan departemennya segera menyelidiki asal muasal lagu Terang Bulan yang memiliki kemiripan dengan lagu kebangsaan Malaysia itu.

“Kita akan mengecek sejarah lagu itu di Arsip Nasional,” kata Jero Wacik kepada okezone di sela buka bersama di kediaman Ginandjar Kartasasmita, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu 30 Agustus kemarin.(Sumber Okezone.com)

Pencipta lagu Terang Bulan yang konon dijiplak sebagai lagu kebangsaan Malaysia masih belum jelas. Namun Aden Bachri, anak dari Syamsul Bachri, mengklaim lagu tersebut ciptaan ayahnya.

“Itu memang ciptaan ayah saya sudah direkam tahun 1957,” kata Aden saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8/2009).

Menurut pengamat musik senior Remy Silado, lagu berjudul ‘Terang Bulan’ itu memang sangat populer di Indonesia. Namun lagu yang disebut Remy sebagai lagu rakyat zaman dulu itu bukanlah diciptakan oleh orang Indonesia.

“Lagu ini sudah ada di awal abad 19, penciptanya orang Prancis bernama Pierre-Jean de Béranger,” kata Remy saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8/2009).

Namun sayang, Remy enggan memberitahu apa judul lagu ciptaan Béranger itu. Remy hanya menceritakan, lagu ciptaan musisi Prancis yang hidup pada 1780-1857 itu kemudian disadur oleh orang Indonesia dengan judul ‘Terang Bulan’. Namun Remy mengaku tidak mengetahui siapa penyadur lagu tersebut.

“Yang menyadur tidak jelas siapa, tapi yang jelas lagu itu sudah ada tahun 1815,” kata Remy.

Untuk penjelasan tentang Lagu Terang Bulan, silahkan KLIK DISINI dan DISINI.

Simak pula video berikut :

Jadi Siapakah sebenarnya yang menyadur????????

Posted on 1 September 2009, in Berita and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: