AROMA, TERAPI BAGI JIWA


Jika sejenis bau pernah tiba-tiba meluapkan perasaan atau mengingatkan anda akan sesuatu, sudah pasti para ilmuwan mengetahui fungsi indera penciuman sebagai unsur penting dalam lingkungan kreatif.

Setelah sebelumnya diabaikan, akhir-akhir ini bebauan atau aroma, diketahui secara langsung dapat merangsang bagian otak yang bekerja atas emosi dan ingatan primitif. Akibatnya, satu jenis bau mampu mengeruk segunung emosi dan menggugah ingatan lama.

Contoh : Semalam karena susah tidur, saya keluar rumah menghampiri sekumpulan anak-anak muda yang tengah bergembira mengelilingi api unggun sambil bermain gitar, bau asap kayu yang memenuhi udara sekitar seketika mengingatkan saya akan suasana disuatu tempat ketika masih kecil dulu, tempat Ayah bertugas……. didaerah pegunungan yang sangat dingin dimana setiap malam tubuh terpaksa dibungkus dengan pakaian tebal, berkumpul bersama kakak dan adik berlanjut dengan perapian hangat dan secangkir wedan jahe.

Bau asap kayu telah membawa ingatan saya ke kehidupan masa kecil yang sangat indah membuat saya merasa segar dan bersemangat.

Dari buku sumber yang pernah saya baca . Aroma atau bebauan memang ternyata mampu merangsang atau menenangkan tubuh, meningkatkan pemusatan pikiran, melejitkan kemampuan belajar, mendongkrak daya khayal, dan sebagainya.

Mungkin inilah yang diistilahkan dengan Aromaterapi. Defenisi Aromaterapi yang diperkenalkan oleh seorang ahli Kimia Prancis R.N.Gattefosse pada abad kesembilan belas adalah ”Pemakaian terapis bahan-bahan wewangian yang diambil dari bunga, tumbuh-tumbuhan, dan semak beraroma, dengan cara dihirup dan dioleskan pada kulit”. Dan sejak saat itu aromaterapi populer di Eropa dan meluas keseluruh dunia pada dekade terakhir ini.

Berikut ini beberapa macam aroma paling terkenal dan manfaat terapinya, yang saya kutip dari Buku Bengkel Kreatifitas, Jordan E. Ayan :

Kayu cendana – ketenangan
Bunga Melati – hasrat dan kegembiraan
Pohon Kayu Harum – relaksasi
Kenanga – ketenangan
Jahe – merangsang pikiran
Cistus (rockrose, bunga yang tumbuh di batu-batu gunung) – pengembangan pikiran
Clary sage (lavender) – anti depresi

Menurut Cyntia Watson,M.D., pakar ternama bidang obat-obatan holistik, gangguan mental dan emosional tertentu bisa disembuhkan dengan menggunakan aroma. Gangguan-gangguan tersebut adalah :

Insomnia – neroli (dari bunga jeruk), clary sage, kayu cendana, kemangi, chamomile, lavender, jeruk dan apel.
Mimpi buruk – adas, mint, rosemary, marjoram, jeruk
Kegelisahan – kemangi, ketumbar, mint
Depresi – angelica, jeruk lemon, jahe, minyak kayu putih
Kelesuan – kenanga, minyak kayu putih, jeruk lemon, cemara
Stres atau tertekan – mawar, terragon, verbena
Kurang konsentrasi – anyelir, ketimbar, melati, jeruk lemon
Udara pengap – kemangi, peppermint, cemara

Anda juga bisa mengharumkan lingkungan dengan bunga dan buah-buahan alami, potpourri (campuran wewangian), atau lilin. Bahkan mengupas buah jeruk atau lemon akan memberikan dorongan aromatik pada otak. Memanggang roti, menumis bawang putih atau bawang merah, bahkan berdekatan dengan terpentin atau serbuk gergaji, bagi sebagian orang bisa membangkitkan ingatan.

Jika anda ingin bereksperimen dengan unsur panca indera, mulailah dengan membedakan berbagai bau-bauan yang anda rasakan di lingkungan sekitar selama seminggu.

Tutup mata dan bayangkan perasaan yang ditimbulkan oleh bau-bau tersebut. Positif atau negatifkah? Apakah bau-bauan tersebut membawa jiwa anda ke suatu tempat atau waktu tertentu dalam hidup anda?.
Lalu, bereksperimenlah dengan beragam bau-bauan. Perhatikan efek dari tiap jenis bau.

Apakah anda merasa lebih segar atau jadi merenung? Lalu, pilih jenis jenis bau yang membuat anda paling kreatif dan produktif.

Selamat bereksperimen.

Untuk kali ini, aku sekaligus memajang Award pemberian DICKY DUNIA POLAR, yang menganugerahkan saya Award buatannya sendiri dalam rangka Cuci Gudang dan pamit,… mau kemana lagi nih??

Makasih banyak atas Awardnya Dick,… moga tetap semangat dan sukses selalu.

Iklan

Posted on 6 Agustus 2009, in Tak Berkategori and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: