MAMPIR NGOPI YUK !


Seperti biasanya sebelum berangkat kerja, sayang rasanya jika harus melewatkan secangkir kopi yang sudah tersedia di atas meja sebagai pengganti sarapan pagi.

Kebiasaan ngopi di pagi hari sejak 8 tahun lalu, sudah merupakan kebutuhan utama yang sulit untuk saya tinggalkan. Saya lebih baik tidak makan sehari dari pada tidak ngopi di waktu pagi.

Begitulah kehidupan saya di dunia nyata dalam menjemput pagi. Bagaimana dengan dunia maya?…… Apa hubungannya antara kopi dengan dunia maya dalam kehidupan saya ???

Sejak dua bulan terakhir,….. saya sering mampir pagi di blog Mbak Elly Suryani untuk ngopi bersama sambil membaca artikelnya yang sangat inspiratif. Kalaupun saya terlambat mampir, biasanya Mbak Elly yang mampir duluan ke blog saya ngajak ngupi…… makasih yah Mbak.

Saya terkadang berfikir tentang efek habituasi saya terhadap kopi, sehingga kemarin saya browsing dan menemukan artikel tentang kopi di situs ini yang saya rangkum sebagai berikut :

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Mulai dari kedai pinggir jalan hingga hotel bintang lima menyediakan minuman yang rasa dan aromanya nikmat ini. Mulai dari pengemis sampai pejabat, banyak yang doyan minuman ini.

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa membangkitkan kesegaran dan kebugaran. Tapi di lain pihak masih banyak orang yang takut minum kopi karena alasan kesehatan.

Untuk menjawab kontraversi tersebut hingga saat ini berbagai penelitian terus dilakukan untuk mengetahui khasiat dan manfaat kopi bagi tubuh. Sebagai salah satu pengekspor kopi utama di dunia, kopi dari Indonesia terkenal bermutu tinggi.

Beberapa manfaat minum kopi adalah :

Melawan kegemukan
Orang yang sering minum kopi diketahui berat badannya lebih stabil selama 12 tahun dibandingkan dengan orang yang berhenti minum kopi. Demikian menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health, Boston, AS. Pantessan…. Berat badan saya nggak pernah naik….. tetep aja 67 kg sejak 5 tahun lalu. Agak kuyus emang,……. yang penting sehat.

Menambah semangat
Minum kopi disela waktu bekerja ternyata bisa membantu kita tetap bugar dan berkonsentrasi. Glikogen akan membantu kita lebih cepat dan gesit dalam sesi berikutnya. Hal ini saya rasakan dalam keseharian saya, bila tidak minum kopi rasanya lemes dan ngantuk.

Penelitian menunjukkan atlit yang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karbohidrat setelah bersepeda memiliki lebih banyak glikogen (cadangan energi) dalam ototnya bila dibandingkan dengan atlit yang tidak mengonsumsi.

Mengurangi risiko penyakit
Menambah konsumsi kopi menurut penelitian The National Institute of Environmental Medicine di Swedia, bisa menghindari kita dari risiko kanker hati. Cukup dua cangkir kopi per hari dan risiko kanker akan berkurang 43 persen. Alhamdulillah,…… semoga.

Studi lain menunjukkan wanita yang minum kopi, risiko terkena serangan jantung berkurang 24 persen. Antioksidan yang terdapat dalam kopi diduga melindungi kita dari penyakit-penyakit itu.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan gadis remaja yang sering minum kopi setiap hari risiko terkena kanker payudara berkurang 40 persen. Kandungan kafein dan polipenhol dalam kopi melindungi tubuh melawan kanker payudara. Semoga ada remaja putri yang sempat membaca artikel ini.

Membantu daya ingat
Peneliti dari Medical University of Innsbruck, Austria, mengatakan bahwa kafein bisa mencegah berkurangnya daya ingat. Minum secangkir kopi sebelum pertemuan penting dengan klien barangkali layak dicoba agar daya ingat dan otak lebih tajam. Benner deh…. kejadian2 sampai beberapa tahun lalu yang saya inget,…… sulit terlupakan. Emang……….

Mencairkan suasana
Harus berurusan dengan orang yang sulit diajak kerjasama? Ajaklah ia menikmati secangkir kopi. Kafein akan membuat orang lebih terbuka, demikian menurut laporan yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology.

Peneliti mengungkapkan kafein merangsang fungsi kognitif sehingga orang akan lebih terbuka dan respektif.

Namun disamping kegunaan diatas, tentunya ada pula efek sampingnya. Saya mohon rekan blogger sekalian untuk sharing melalui kolom komentar di bawah. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Dirangkum dari : http://www.tribun-timur.com

Posted on 19 Juni 2009, in Tak Berkategori and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: