FENOMENA INGATAN



Ingatan adalah lemari yang berisi khayalan,
Harta karun berupa akal sehat,
Tempat berhimpunnya hati nurani,
Dan dewan penasihat bagi pikiran.
-St. Basil

”Ingatan saya sangat buruk !” Suatu saat, hal seperti ini pernah menimpa dan membuat anda merasa frustrasi, misalnya tiba-tiba saat Anda teringat sesuatu yang penting, tetapi Anda sudah terlambat atau kehilangan momentum. Namun, pernahkah Anda diam sejenak dan benar-benar berpikir, seperti apa kehidupan ini apabila Anda benar-benar memiliki ingatan yang sangat buruk, apabila Anda tidak bisa mengingat apapun kecuali yang terjadi saat ini? Apa yang terjadi apabila Anda tidak bisa mengingat nama, alamat, teman-teman dan keluarga, atau tidak bisa mengingat bagaimana berbicara dengan seseorang, berbelanja, menyiapkan makanan, menulis surat, belajar, bekerja, berpesta atau bermain? Akibat dari ingatan yang sangat buruk akan tidak terbayangkan, dan hidup tanpa ingatan akan benar-benar kacau.


Sebaliknya, mengingat semua hal juga tak kalah mengerikan. Banyak hal yang sebaiknya dilupakan, mulai kejadian-kejadian buruk yang kita harap tidak pernah terjadi dalam kehidupan, sampai hal-hal sepele yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Melupakan daftar belanjaan yang dibuat kemarin atau jadwal perjalanan bulan lalu, atau percakapan yang anda dengar sepintas di ruang makan merupakan hal yang sehat. Terlalu banyak menyimpan aneka macam informasi bisa membuat gila, lagi pula tak ada artinya, tanpa kemampuan untuk melupakan, Anda bagaikan orang yang setiap malam tidak bisa tidur. Anda pasti sepakat!, Kita semua ingin melupakan beberapa hal dan mengingat hal yang lain.


Sebenarnya tidak ada yang disebut ingatan yang buruk, kecuali memang ada kerusakan pada otak. Kemungkinan besar ingatan Anda sangat baik dalam beberapa hal tertentu atau mungkin memang lemah dalam hal yang lain. Kelemahan tersebut dapat diperbaiki, berapapun umur anda. Dengan memahami bagaimana ingatan bekerja, Anda dapat memaksimalkan kekuatan ingatan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas kerja, prestasi sekolah, dan sukses pribadi anda.


Berikut 3 (tiga) hal yang perlu anda cermati :

Bendera Merah bagi Ingatan Anda ; Perhatikan !

Kendati semua orang melupakan sesuatu di waktu-waktu tertentu, jika dua dari gejala serius ini terjadi pada Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter


  • Anda tidak dapat mengingat di mana Anda berada sepuluh menit yang lalu
  • Anda tidak dapat menyebutkan berita media paling hangat minggu ini atau apakah Anda membaca koran kemarin.
  • Anda tidak dapat mengingat siapakah nama Presiden saat ini.
  • Anda mengalami kesulitan menyampaikan gagasan kompleks.
  • Kosa kata Anda tidak sebanyak yang Anda kuasai dahulu.
  • Anda mengalami kesulitan berpakaian sendiri.
  • Anda melupakan janji dan tidak dapat mengingat jadwal Anda.
  • Anda mudah merasa tersinggung dan mudah frustrasi
  • Anda menjadi paranoid atau kehilangan kontrol emosional
  • Keluarga Anda mengkhawatirkan Anda atau Anda menyadari mengalami masalah yang menurunkan kemampuan Anda untuk berfungsi di tempat kerja secara sosial.


Bendera Kuning bagi Ingatan Anda : berhati-hatilah !

Gejala lupa yang tidak terlalu serius, seperti dimana Anda meletakkan kacamata atau kecenderungan untuk mengulangi perkataan Anda sendiri, sering merupakan akibat dari :

  • Diinterupsi
  • Murka
  • Perhatian terganggu
  • Diburu waktu
  • Merasa tertekan
  • Merasa bingung
  • Lelah fisik
  • Lelah mental
  • Pengobatan berlebihan dosis atau efek samping obat tertentu
  • Merasa marah
  • Kurang perhatian
  • Terlalu tegang
  • Ketakutan
  • Terlalu banyak bekerja
  • Di bawah pengaruh narkotika atau alkohol.


Bendera Hijau bagi Ingata Anda : Kurangi resiko !

Untuk meningkatkan ingatan dan mengurangi frekwensi melupakan sesuatu, cobalah beberapa kiat berikut yang di antaranya diciptakan oleh : B.F Skinner, yang memberikan kuliah tentang ”Manajemen Intelektual Masa Kini” kepada Asosiasi Psikologi Amerika ketika berusia 78 tahun.
  • Jangan suka menunda ; lakukan sekarang.
  • Berlatihlah mengikuti satu alur pikiran.
  • Organisasikan diri anda.
  • Visualisasikan apa yang ingin Anda ingat.
  • Buat gambaran mental tentang poin referensi utama dan pokok bahasan.
  • Gunakan asosiasi citra dan teknik menghubungkan.
  • Gunakan pendekatan dan petunjuk konteks (misalnya, ingat kembali tahap atau langkah yang Anda lalui).
  • Berhentilah sebentar apabila Anda ingin mengingat sesuatu.
  • Santai dan cukup istirahat.
  • Makanlah makanan yang kaya akan gizi.
  • Mengkonsumsi suplemen penambah daya ingat.
  • Kembangkan keterampilan observasi.
  • Tulis catatan dan gunakan bantuan ingatan eksternal.
  • Lakukan pengulangan pada pikiran Anda.
  • Ciptakan pola (misalnya, selalu mengantungkan kunci di dekat pintu).
  • Cukupkan suplai oksigen ke otak dengan banyak minum air dan berolahraga secara teratur.
  • Sering-seringlah mencari perubahan suasana dan mencari tantangan mental secara reguler.
  • Meminta saran dari orang lain.
  • Mainkanlah permainan yang menekankan pada pemikiran dan ingatan
  • Berlatihlah mengingat.

Lalu bagaimana dengan ingatan Anda ?

Sumber : Otak sejuta Gigabyte (Eric Jensen dan Karen Markowittz)

Iklan

Posted on 16 Mei 2009, in Tak Berkategori and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: